MK Ultra Proyek Pengendali Pikiran Intelejen AS

Proyek MK Ultra merupakan sebuah sandi operasi rahasia pemerintah Amerika Serikat tentang eksperimen rekayasa perilaku manusia melalui pengendalian pikiran. Melalui Intelejen mereka CIA program ini dimulai pada awal 1950 an. dan baru resmi diluncurkan pada tahun 1953.Pada pertengahan tahun 1900an, beredar isu kalau pemerintah Amerika Serikat, dalam hal ini CIA, telah melakukan eksperimen pengendalian pikiran yang dilakukan melalui obat-obatan seperti LSD. Mereka yang mengajukan teori ini akan ditertawakan dan dianggap sebagai seorang Paranoid. Pemerintah Amerika juga tidak mengakuinya dan menganggap isu tersebut sebagai sebuah rumor yang tidak berdasar.

Namun pada tahun 1975, kongres Amerika Serikat mulai membentuk komite untuk menyelidiki aktivitas CIA di dalam negeri. Komite yang disebut Church Committe ini menemukan fakta tentang MK Ultra. CIA memang melakukan eksperimen pengendalian pikiran atau “Rekayasa Perilaku Manusia” lewat divisi Scientific Intelligent milik CIA.

 

MKULTRA melibatkan penggunaan berbagai metodologi untuk memanipulasi keadaan mental orang dan mengubah fungsi otak, termasuk administrasi diam-diam dari obat (terutama LSD) dan bahan kimia lainnya, hipnosis, kurang sensorik, isolasi, pelecehan verbal dan seksual, serta berbagai bentuk penyiksaan.

Ruang lingkup Proyek MKULTRA adalah luas, dengan penelitian yang dilakukan di 80 lembaga, termasuk 44 perguruan tinggi dan universitas, serta rumah sakit, penjara dan perusahaan farmasi.

Program ini terdiri dari beberapa sub-proyek yang 149 Badan dikontrakkan ke berbagai perguruan tinggi, yayasan penelitian, dan lembaga-lembaga sejenis. Setidaknya 80 lembaga dan 185 peneliti swasta berpartisipasi. Karena Badan didanai MKULTRA tidak langsung.


Frank Church pememimpin Komite Gereja, investigasi terhadap praktik badan-badan intelijen AS.

Beberapa sejarawan telah menegaskan, bahwa menciptakan “Manchurian Candidate” melalui teknik “mengendalikan pikiran” adalah tujuan MKULTRA dan proyek CIA terkait. Alfred McCoy telah mengklaim bahwa CIA berusaha untuk memusatkan perhatian media pada jenis ini adalah program konyol, sehingga masyarakat tidak akan melihat tujuan utama dari penelitian ini

Program ini dimulai tahun 1950an hingga dihentikan pada tahun 1973. Penyelidikan ini juga menemukan kalau ketua CIA saat itu, Richard Helms, telah memerintahkan pemusnahan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan MK Ultra pada tahun itu.

Lewat undang-undang kebebasan informasi, CIA mulai melepaskan dokumen-dokumen yang tersisa ke publik hingga pada tahun 2001 MK Ultra sudah tidak dianggap sebagai proyek rahasia lagi.

sumber wikipedia
About these ads

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 106 other followers