Arti Lingkaran Hitam pada Mata

Beberapa ahli mengkaitkan lingkaran hitam mata pada beberapa jenis penyakit

 

Mona Indriyani, Stella Maris

Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan lingkaran
hitam. (Getty Images)

Lingkaran hitam pada wajah tak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga mengurangi rasa percaya diri. Banyak yang percaya kalau lingkaran hitam timbul karena kelelahan, kurang tidur atau teralu lama di depan komputer. Tapi sebenarnya ada penyebab lain timbulnya lingkaran hitam itu, seperti yang dilansir dari Times of India.

Dalam sebuah penelitian, para ahli mengkaitkan lingkaran mata dengan beberapa jenis penyakit, seperti anemia, penyakit hati dan dehidrasi.

Menurut dokter spsialis mata dari klinik Moolchand, Dr, Satish Mehta, pembuluh kapiler di area mata sangat halus dan terdapat saluran sel darah merah. Pada beberapa proses sel darah ini bisa bocor di daerah sekitar bawah mata, sehingga menimbulkan memar. Hal ini terjadi karena kulit di sekitar mata terlalu tipis. Berikut ada beberapa fakta atau alasan umum untuk lingkatan hitam di area mata Anda :

Aging

Semakin bertambah usia kita, maka tingkat elastisitas kulit juga akan berubah, seperti kulit di sekitar mata yang halus akan menipis dan membuat pembuluh darah menjadi menonjol, kemudian menyebabkan lingkaran hitam.
 
Herediter atau faktor keturunan juga dapat memainkan peran besar dalam pengembangan dan dominasi lingkaran hitam di sekitar mata.

Kekurangan nutrisi

Lingkaran gelap di sekitar mata juga dapat disebabkan oleh gizi buruk. Untuk menghilangkannya Anda dapat melakukat diet sehat, bergizi, penuh dengan vitamin seperti mengkonsumsi vitamin A, C, K, dan E.

Kurang tidur dan kelelahan

Ini adalah alasan yang kerap terjadi pada umumnya. Faktor kurangnya tidur dan kelelahan berlebihan akan membuat kulit menjadi pucat. Hal ini membuat darah di bawah kulit di sektiar area mata akan menjadi lebih terlihat dan tampak lebih biru atau lebih gelap.

Merokok dan minum

Selesai melakukan pesta dirumah teman atau tempat hiburan, sambil merokok dan minum-minuman berakohol dapat menjadi malapetaka pada kulit Anda, yaitu menghasilkan lingkaran mata gelap. Lingkar hitam pada mata dapat menjadi tanda hilangnya air dari tubuh (dehidrasi), disamping itu juga dikarenakan minum berlebihan dan terlalu banyak asupan minuman berkafein.

Paparan sinar matahari

Anda pasti tak menyangka paparan sinar amtahari dapat memacu timbulnya lingkar hitam mata. Peningkatan sinar matahari dapat menarik pigmentasi permukaan kulit dan membuat lingkaran hitam. Terkena paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat memproduksi melanin lebih dari biasanya disekitar mata dan akan membuat lebih gelap.

Perubahan hormon

Apabila Anda sedang dalam masa kehamilan, sebaiknya Anda harus berhati-hati, karena dapat memunculkan warna gelap dibawah mata. Tak hanya itu, jika Anda akan memasuki fase menstruasi, hal serupa juga akan terjadi.

Alergi

Setiap kondisi dapat memicu timbulnya lingkar hitam pada mata, misalnya rasa gatal di mata. Hal lain yang terjadi dikarenakan alergi makanan. Maka, jika anak Anda memiliki lingkaran hitam pada mata, tentunya dapat menunjukkan masalah alergi.

Lingkaran hitam dan anemia

Dapat jadi Anda kekurangan zat besi dan ini adalah salah satu penyebab paling umum dan dapat dijelaskan dalam banyak kasus. Bentuk paling umumnya adalah anemia, dengan rendahnya oksigenasi dalam tubuh yang menyebabkan pada rendahnya pasokan darah. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan perubahan sederhana dalam diet Anda, yaitu selalu mengambil diet seimbang kaya akan sayuran berdaun hijau, produk susu dan semua jenis buah-buahan untuk menjaga tubuh Anda sehat.

Lingkaran hitam dan dehidrasi

Ini juga merupakan faktro paling umum yang pasti Anda rasakan. Ketika tubuh tidak memiliki kandungan jumlah air yang tepat, maka akan timbul gejala yang sering terlihat di daerah tertentu.

Jadi Anda disarankan untuk meminum air 8-10 gelas, termasuk konsumsi buah segar setiap hari. Hal ini dianjurkan untuk membatasi asupan minuman berkafein seperti teh, alkohol kopi, dan minuman berkafein lainnya yang dapat memperburuk dehidrasi.

Lingkaran hitam dan penyakit hati

Lingkaran hitam juga menunjukkan disfungsi hati akibat penyakit hati yang beragam, salah satu contohnya adalah penyakit hepatitis.

Rabu, 6 Juni 2012, 13:17 WIB
http://kosmo.vivanews.com/news/read/321529-arti-lingkaran-hitam-pada-mata
• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s