Kepulauan Derawan, Surga Tropis Bawah Laut

Nikmati kekayaan habitat laut super mewah sambil menyelam

Wuri Handayani

Hamparan pasir putih di pantai Pulau Derawan (wikipedia.org)

Kekayaan wisata negeri ini seakan tidak pernah habis untuk dibahas. Kali ini kita menuju kepulauan Derawan, surga bawah laut yang mulai disebut-sebut sebagai destinasi wajib para pecinta laut.

Terletak di daratan Kalimantan Timur, Kabupaten Berau, pulau ini termasuk dalam jajaran tujuan wisata menyelam terbaik di dunia.

Pulau Derawan sebenarnya bukan satu-satunya pulau yang ada di wilayah ini. Maratua, Sangalaki, dan Kakaban adalah pulau lain yang mendampinginya.

Berada di Derawan, jangan kaget, jika Anda bakal mengundurkan jadwal kepulangan. Suasana tropis yang sangat sempurna. Pemandangan pasir putih yang menghampar mendekati bibir laut, pepohonan hijau, dan gradasi air laut berwarna biru dan hijau.

Dan jangan hanya menikmatinya dari teras resort, atau hanya berjemur di pantai. Coba menyelaminya lebih dalam dengan diving untuk membaur dengan kehidupan bawah laut.

Anda akan menemukan kura- kura besar, ikan pari, ubur- ubur, dan sekumpulan ikan barakuda. Kepulauan Derawan juga mengiming-imingi Anda dengan 460 jenis karang yang membuat Anda berdecak kagum. Keindahannya menempati posisi kedua setelah Raja Ampat, Papua Barat.

kepulauan derawan

Saat berada di sini, Anda seolah akan dipaksa untuk tidak bermalas- malasan. Bangun lebih pagi untuk menyaksikan sunrise adalah suatu keharusan.

Namun, untuk benar- benar menikmati keindahannya, pastikan kondisi cuaca sedang bersahabat.

Apabila Anda punya waktu lebih, coba bergeser sedikit ke Pulau Maratua. Anda dapat mencoba kepiawaian trekking dengan menaklukkan jalan setapak menuju gua Langka-langka yang menyembunyikan keindahannya. Atau singgahlah di kampung Bohe Bukut dengan pemandangan lumba-lumba yang berloncatan di atas lautan.

Danau ubur-ubur Kakaban, Kepulauan Derawan

Untuk melihat habitat penyu dari dekat, Anda dapat menemuinya di pulau Sangkali. Di sini terdapat penangkaran penyu hijau. Pasti Anda akan takjub menemukan jejak penyu dan melihat langsung saat penyu-penyu tersebut bertelur.

Mari ikut menyelami kekayaan Derawan melalui video ini.

 

Minggu, 3 Juni 2012, 12:03 WIB
http://kosmo.vivanews.com/news/read/320313-kepulauan-derawan–surga-tropis-bawah-laut
• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s