Menu Sarapan Penangkal Flu

Kiwi mengandung potasium yang dapat meningkatkan imun tubuh

Wuri Handayani

Tambahkan potongan kiwi pada salad untuk sarapan (dok. zespri)

Pada saat cuaca yang ekstrim, biasanya tubuh mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri. Terlebih saat udara dinging di setiap pagi seperti sekarang ini.

Kekebalan tubuh menurun, sehingga kehilangan kemampuan untuk menangkal virus. Biasanya flu menjadi penyakit nomor satu yang mudah menghampiri. Untuk menghindarinya, Anda cukup menambahkan beberapa pilihan bahan ini pada menu sarapan Anda.

1. Kiwi

Buah ini setara dengan vitamin C 90 hingga 110 mg, takarannya lebih banyak dari jeruk yang selama ini lebih dikenal sebagai sumber vitamin C. Kiwi juga sumber potassium, mineral penting untuk menguatkan otot dan syaraf.

“Kiwi adalah kemasan flavonoid dan karotenoid antioksidan yang dapat membantu kesehatan sistem pernafasan, dan kerja jantung yang optimal,” jelas Suki Hertz, MS, RD, profesor gizi di Culinary Institute of America.

Akibatnya, buah ini sangat baik untuk mempertahankan imun tubuh. Untuk sarapan pagi, Anda cukup menambahkannya pada salad atau mencampurkan potongan kiwi ke dalam yogurt.

2. Pepaya

Untuk sarapan, papaya yang bersifat sebagai anti inflamasi ini sangat dianjurkan. Buah ini juga banyak mengandung vitamin C yang akan memasok 313 persen kebutuhan vitamin anda setiap harinya. Menurut Hertz, betakaroten pada papaya adalah phytonutrisi yang akan dikonversikan menjadi vitamin A untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga menjaga kesehatan mata, kulit, dan membran mukosa.

3. Gandum

Tentu Anda sudah biasa dengan sarapan roti gandum. Selain roti, biji gandum murni juga dapat diselipkan pada menu sarapan saat flu yang biasanya mengikuti cuaca dingin ini. Vitamin dan lemak dari biji gandum ini dapat membantu memberikan kekebalan tubuh yang baik. Demikian juga dengan vitamin E dan antioksidan yang bekerja memerangi peradangan. Hertz menyarankan untuk menaburkan biji gandum ini pada sereal, oatmeal, atau yogurt.

4. Telur

Pilih kuning telur yang lebih banyak memberi manfaat dibandingkan putih telur. Kuning telur merupakan sumber selenium, mineral kuat yang mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Penelitian tentang telur ini membuktikan bahwa kuning telur memang berpotensi pada kolesterol, tetapi kuning telur ini mengandung lemak jenuh yang relatif rendah.

5. Jahe

Apabila Anda ingin melakukan gerakan cepat untuk menangkal gejala flu, jahe merupakan pilihan tepat. Selain meningkatkan kesehatan pencernaan, jahe juga mampu mengurangi gas dalam tubuh, dan mengurangi rasa sakit. Seduh irisan jahe segar dalam teh untuk minuman usai sarapan.

 

Rabu, 6 Juni 2012, 08:35 WIB
http://kosmo.vivanews.com/news/read/321346-5-menu-sarapan-penangkal-flu   VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s