Wajib Tahu Bagi Penggemar Makanan Pedas

Begitu sampai saluran cerna, makanan pedas berpotensi kuat memacu iritasi dinding lambung

Pipiet Tri Noorastuti

Perhatikan aturan main mengonsumsi makanan pedas

Terlepas dari nikmat dan sifatnya yang menagih, makanan pedas menyimpan efek buruk bagi kesehatan. Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa konsumsi makanan pedas berlebihan dapat memacu gangguan pencernaan.

Penambahan rempah pedas memang dapat meningkatkan cita rasa santapan saat tercecap lidah. Namun, begitu sampai di saluran cerna, berpotensi kuat memacu iritasi lapisan mukosa di lambung.

“Rempah pedas seperti cabai dapat meningkatkan sekresi asam dan mengurangi ketahanan dinding lambung,” kata Dr SK Thakur, gastroenterologist dari Moolchand Medcity New Delhi, India, dikutip Times of India.

Itulah mengapa konsumsi makanan pedas berlebih dapat memacu beragam masalah perut. “Rempah pedas sebenarnya menyimpan sejumlah nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, asal dikonsumsi secara moderat,” kata dokter spesialis penyakit sistem pencernaan itu.

Berikut beberapa penyakit yang berpotensi muncul akibat konsumsi makanan pedas berlebih:

Asam reflux

Rempah-rempah pedas seperti cabai atau lada pada dasarnya membawa kombinasi asam. Konsumsi terlalu banyak akan memicu timbunan asam di lambung yang dapat merusak dinding lambung.

Gastritis akut

Biasanya muncul akibat peradangan mukosa lambung, membran yang melapisi perut. Dalam kondisi serius, umumnya ditandai dengan gejala seperti muntah, mual, demam, diare, dan sakit kepala. Bahkan muntah darah atau munculnya darah pada feses.

Tukak lambung


Dalam jangka panjang, konsumsi makanan pedas berlebih juga dapat menyebabkan borok pada lapisan mukosa atau di usus kecil. Biasanya ditandai dengan rasa sakit seperti terbakar di area perut disertai mual, dan muntah.

Insomnia

Makanan pedas berpotensi meningkatkan suhu tubuh, di mana kondisi ini dapat memacu insomnia. Karenanya, disarankan menghindari makanan pedas saat makan malam.

Thakur merekomendasikan konsumsi makanan pedas tak lebih 3-4 kali dalam seminggu. Itupun dengan memperhatikan sejumlah aturan seperti:

– Rempah pedas harus dikonsumsi bersamaan dengan makanan utama.
– Tidak mengonsumsi rempah pedas bersamaan dengan makanan berminyak. Kombinasi ini dapat meningkatkan sekresi asam berlipat di lambung.
– Upayakan menetralisir asam dengan susu usai menyantap makanan pedas. (eh)

Kamis, 7 Juni 2012, 14:30 WIB

http://kosmo.vivanews.com/news/read/322167-wajib-tahu-bagi-penggemar-makanan-pedas

• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s