Ahli: Tak Ada Alasan Takut Pada Alien

Stephen Hawking memperingatkan bahwa alien mungkin mencoba untuk menjajah Bumi

Elin Yunita Kristanti

Alien tak semenakutkan seperti dalam film (20th Fox Century)

Satelit telah dikirim menjelajah angkasa, teleskop radio diarahkan ke langit untuk mencari sinyal komunikasi antar planet, tapi hingga saat ini belum ada bukti sahih keberadaan mahluk cerdas selain manusia alias alien. Meski tak mustahil ada kehidupan lain di luar Bumi.

Gambaran soal alien diambil alih oleh industri film. Yang rata-rata menampilkan wajah alien sebagai ancaman, mahluk yang ingin menguasai bumi dan memperbudak manusia. Misalnya, yang teranyar, Film Battleship dan Men in Black 3.

Veteran pemburu mahluk extra terresterial (ET), Jill Tarter yang sudah malang melintang selama 35 tahun, dan pada Senin 22 Mei 2012 baru mengumumkan pensiun mengatakan, alien mungkin tak semenakutkan yang digambarkan film.

“Jika alien bisa mengunjungi Bumi, itu berarti mereka punya kemampuan teknologi yang supercanggih, yang tak memerlukan manusia sebagai budak, makanan, atau planet lain,” kata Tarter yang baru saja melepas jabatan sebagai Direktur Pusat Riset SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence), lembaga pencari alien, seperti dimuat situs sains SPACE.com.

Kepercayaan Tarter, bahwa alien itu “jinak” bertentangan dengan astrofisikawan, Stephen Hawking yang memperingatkan manusia agar berhati-hati dengan alien, karena mereka ingin mengeksploitasi Bumi.

“Saat Stephen Hawking memperingatkan, bahwa alien mungkin mencoba untuk menaklukkan atau menjajah Bumi, dengan penuh hormat, saya tak sepakat,” kata Tarter. “Jika alien dapat datang ke Bumi, mereka mungkin hanya ingin mengeksplorasi. Mempertimbangkan umur alam semesta, kita, manusia Bumi, mungkin bukan mahluk cerdas pertama yang melakukan kontak dengan alien itu.”

Bulan depan, Tatter dan para ilmuwan, juga pengamat ET akan berkumpul di Santa Clara, Kalifornia dalam acara SETICon II, membahas soal peluang manusia di alam semesta dan masa depan pencarian kehidupan di luar Bumi.

Sebelumnya, dalam seri Discovery Channel, Stephen Hawking mengatakan, keberadaan miliaran galaksi di luar sana membuat keberadaan bentuk kehidupan lain selain manusia, menjadi rasional.

Ia memperingatkan manusia untuk berhati-hati dalam melakukan kontak dengan bentuk kehidupan asing. Para alien itu mungkin tak ramah.

Sementara, ilmuwan senior dalam bidang astrofisika dari Universitas Harvard, AS, Dr Howard Smith, meyakini sangat kecil kemungkinan bagi kita, manusia, untuk menemukan alien. Kalaupun iya, hampir tak masuk akal untuk membuat kontak dengan mereka.

Penemuan 500 planet di luar tata surya atau sistem ekstrasolar yang mirip Bumi, tak lantas membuat kemungkinan bertemu alien makin besar. Baca selengkapnya di tautan ini.

Minggu, 27 Mei 2012, 06:39 WIB
http://teknologi.vivanews.com/news/read/317345-ahli–tak-ada-alasan-takut-pada-alien
• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s