Ancaman Bakteri Pemangsa Daging Manusia

Dari luka kecil berujung amputasi kaki

Karlina Octaviany

Ilustrasi Bedah (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

Kasus terbaru infeksi bakteri yang memakan daging ini berpotensi merenggut nyawa. Dua kasus baru Necatoriasis fasciitis telah menimpa Georgia, Amerika Serikat. Kasus lain terjadi di Allegheny County, Pennsylvania, AS.

Paul Bales diamputasi setelah serangan bakteri berbahaya itu menginfeksi kakinya hingga harus dipotong. Dia terkena infeksi ketika memindahkan bagian dok di Danau Sinclair, Georgia, AS. Bales menutup lukanya dengan perban tanpa mencari bantuan medis hingga 5 Mei.

Seminggu kemudian, dia dipindahkan dari Pusat Medis di Georgia. Potensi yang sama mengantar korban seorang pria dari Georgia lagi ke rumah sakit.

Bobby Vaughn, 33 tahun, jatuh sakit setelah mengalami luka saat memotong  gulma. Luka kecil inilah yang mengantar Vaugh mengunjungi rumah sakit pada 4 Mei, rumah sakit yang sama dengan korban awal Aimee Copleland. Pelajar ini dirawat karena Necatoriasis fasciitis seminggu sebelumnya ketika Vaughn dikonfirmasi menjadi penderita ketiga.

Dokter bedah di RS Augusta sedang dalam proses membangun kembali pangkal paha Vaughn setelah membuang 2 pon jaringan dalam upaya melawan penyakit. Dia kini telah menjalani enam operasi dan harus siap menghadapi lebih banyak operasi lagi mendatang.

Ketika luka pertama membengkak, Vaughn pergi ke rumah sakit Cartersville tempat dia diberi antibiotik. Dokter ingin dia dirawat untuk observasi lebih lanjut. Sayang, Vaughn menolak dan memilih pulang.

Luka bengkak itu tumbuh benjolan seukuran kacang tanah hingga sebesar buah anggur. Vaughn segera dilarikan ke meja operasi.

“Mereka harus membangun kembali daerah selangkangan saya. Tapi, saya merasa jauh lebih baik sekarang,” ujar Vaughn seperti dilansir dari Time.

Menurut juru bicara rumah sakit, Barclay Bishop, rumah sakit menemukan sekitar 50 kasus bakteria pemakan daging manusia ini setiap tahun.

Kasus Necatoriasis fasciitis ini diduga tidak saling berhubungan, termasuk Copeland dan ibu muda Lana Kuykendall.

Dokter menunggu hasil tes yang dilakukan pada pria yang dirawat di rumah sakit Allegheny County. Pasien ini diperkirakan juga menjadi korban bakteri pemakan daging.

Direktur Departemen Kesehatan Allegheny County, dr. Bruce Dixon mengatakan selusin infeksi telah mengemuka setiap tahun di tempat itu. Tapi, kita bisa kontak dengan bakteri setiap hari dan tidak menderita sakit.

Pasien kini dalan ICU Pusat Medis Regional Jefferson di Pittsburgh, AS. Penderita infeksi mengalami luka ketika beraktivitas di luar ruangan. (umi)

Senin, 28 Mei 2012, 11:51 WIB
http://teknologi.vivanews.com/news/read/317711-ancaman-bakteri-pemangsa-daging-manusia
• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s