Kamera Video Masa Depan

Format Super Hi-Vision akan menyingkirkan HD

Karlina Octaviany

Kamera Video Super Hi-Vision NHK (Diginfo.tv)

Perusahaan TV Jepang, NHK telah memamerkan kamera yang dapat “mencerna” 4 milliar piksel setiap detik. Rekaman video dengan 33 MP pada 120 frame tiap detik (fps) ini ditujukan untuk layar raksasa.

Sebagai pembanding, kamera iPhone 4S hanya 8 MP. Kamera film saat ini 24fps. Perusahaan seperti Toshiba sudah menunjukkan TV dan proyektor dengan resolusi di atas 1080p HD, resolusi tertinggi saat ini.

Sutradara film, Peter Jackson merekam film terbarunya The Hobbit dengan 48fps dan resolusi 4K (4096 x 2160-piksel), sekitar empat kali, lebih tajam dari HD. Begitupula dengan film karya David Fincher, The Social Network. Film tentang Facebook ini direkam dalam 4K.

YouTube juga akan menyiapkan untuk memuat rekaman video 4K. Format 4K telah menjadi standar baru produksi film Hollywood.

Kamera NHK mendemonstrasikan model standar Ultra-HD. Super Hi-Vision merupakan salah satu dari resolusi yang dirancang untuk TV, lebih tinggi dari definisi tinggi (HD).

Beberapa perbedaan standar resolusi di atas HD akan diujicobakan pada tahun ini. Siaran penyelenggaraan Olimpiade akan dapat ditayangkan pada layar raksasa.

Menurut Daily Mail, BBC akan merekam pertandingan untuk ditayangkan pada Toshiba ZL2. Inilah TV konsumen pertama yang dilengkapi resolusi maksimal quadHD 3840×2160. Layar selebar 55 inci menampilkan tayangan 3D yang dapat  disaksikan tanpa perlu kacamata. Detail yang ditampilkan begitu jernih dan tajam.

Kendala dari teknologi ini pada keseimbangan dengan pengembangan teknologi pendukung. Tidak ada pemutar video yang beredar sanggup menayangkan format 4K secara penuh. Bahkan, setiap cakram yang menyimpan format ini.

Ada beberapa resolusi yang menyebutkan klaim dapat menandingi perkembangan melewati HD ini. Dari 2K hingga 8K. (sj)

Selasa, 29 Mei 2012, 12:56 WIB
http://teknologi.vivanews.com/news/read/318294-kamera-video-masa-depan
• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s