5 Kebiasaan Penyebab Kerontokan Rambut

Rontok merupakan efek dari kulit kepala dan helai rambut tak sehat

Wuri Handayani, Tasya Paramitha

Keramas terlalu sering justru menghilangkan keindahan rambut. (http://www.huteri.com)

Rambut panjang atau pendek, kerontokan, masih menjadi masalah teratas selain rambut kusam. Kerontokan ini sebenarnya hanya efek dari perlakuan pada rambut yang menyebabkan helai rambut yang tidak sehat, dan kurangnya nutrisi pada kulit kepala dan akar rambut.

Satu-satunya cara untuk mencegah masalah ini adalah menghindari hal-hal buruk pada rambut. Jangan anggap sepele rutinitas berikut ini, karena dapat merusak rambut.

Mencuci rambut terlalu sering

Pertimbangkan kembali rutinitas keramas setiap hari. Ubah jadwal menjadi dua atau tiga kali seminggu. Hal ini dikarenakan mencuci rambut dengan sampo dapat menghilangkan minyak alami, sehingga rambut mudah menjadi kering dan kehilangan nutrisinya.

Terlalu sering menyisir

Jika Anda menyisir rambut lebih dari dua kali dalam sehari, Anda mungkin terlalu sering melakukannya. Menyisir secara agresif dan menyisir paksa rambut yang kusut berdampak buruk pada kesehatan helai rambut. Untuk meminimalisasi kerusakan rambut, gunakan sisir bergerigi jarang.

Mengeringkan rambut dengan handuk

Mengeringkan rambut dengan handuk memang menjadi hal yang umum. Namun, patut berhati-hati, karena terlalu lama menggosokkan handuk dapat menyebabkan ujung rambut pecah-pecah dan rontok.

Alat penataan bersuhu panas

Rasanya sulit untuk sama sekali tidak menggunakan hair dryer atau alat penata rambut seperti hot iron. Namun, pastikan Anda mengurangi pemakaian alat-alat bersuhu panas tersebut. Jangan lupa untuk mengaplikasikan serum yang memberikan perlindungan untuk meminimalkan kerusakan.

Proses kimia

Proses kimia seperti pewarnaan, obat-obat keras untuk meluruskan atau mengeringkan rambut dapat merusak kutikula. Coba batasi penggunaan obat-obatan kimia dan pastikan Anda selalu melakukan perawatan masker rambut untuk mencegah masalah rambut. (art)

• VIVAlife

Jum’at, 14 Desember 2012, 09:31 WIB

2 Comments

  1. mampir ya http://www.dunia-artikelku.com


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s