Daun Cantik Pembunuh Kanker Payudara

Daun ini merupakan satu dari tujuh tanaman obat paling mujarab di dunia

Pipiet Tri Noorastuti

Peterseli (inmagine)

Peterseli bukan sekadar dekorasi hidangan atau garnish. Tumbuhan yang dikenal dengan nama latin Petroselinum crispum itu merupakan herbal yang memiliki “sejuta” manfaat untuk tubuh. Salah satunya melawan ganasnya kanker payudara.

Tim peneliti dari Universitas Missouri menemukan kandungan zat bernama apigenin dalam peterseli dan seledri yang ampuh melawan kanker payudara dan beberapa jenis tumor yang berhubungan dengan hormon progestin.

“Kami tahu, bahwa apigenin memperlambat perkembangan sel kanker payudara dengan tiga cara: dengan menginduksi kematian sel, menghambat proliferasi sel, dan dengan mengurangi reaksi gen yang berhubungan dengan pertumbuhan kanker,” kata Salman Hyder, peneliti studi, dikutip Huffington Post.

Profesor biomedis itu menambahkan, dalam uji menggunakan tikus percobaan terungkap, bahwa asupan apigenin memicu penyempitan pembuluh darah yang berperan memberi makan sel-sel kanker.

“Ketika pembuluh lebih kecil berarti aliran nutrisi terbatas. Ini otomatis juga akan menghalangi penyebaran sel tumor dan kanker,” kata para peneliti yang menerbitkan hasil studinya di Jurnal Hormon dan Kanker.

Tanaman Obat Terbaik di Dunia

Dr Denice Moffat, ahli nutrisi dari American Naturopathic Medical Association, mengatakan bahwa peterseli merupakan satu dari tujuh tanaman obat paling mujarab di dunia, selain jahe, oregano, kayu manis, kunyit, sage, dan bubuk cabai merah.

Peterseli sangat kaya nutrisi. Selain tinggi zat besi, daun “suci” Yunani itu juga mengandung kalsium, protein, asam folat, betakarotin, klorofil, zat antoksidan, zat antibakteri, serta vitamin A, B12, dan C.

Selain melawan kanker, dedaunan yang ditanam sejak 2.000 tahun lalu itu dapat diandalkan untuk mengatasi berbagai keluhan seperti anemia, gangguan pencernaan, liver, tekanan darah tinggi, kolesterol, ginjal, paru-paru, hormonal perempuan, atau gangguan menstruasi, gangguan penglihatan, batuk, demam, dan bau mulut.

Konsumsi peterseli dapat dilakukan dengan mencampurnya langsung ke dalam masakan atau sajian jus buah. Untuk terapi kesehatan, dapat juga dengan merebusnya. Namun, jangan mengonsumsi peterseli dalam porsi berlebih karena kandungan minyaknya bersifat racun. Wanita hamil dan menyusui sebaiknya tak mengonsumsinya.

 

Jum’at, 25 Mei 2012, 04:59 WIB
http://kosmo.vivanews.com/news/read/316735-daun-cantik-pembunuh-kanker-payudara
• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s