IDAI Bantah Ikut Serta dalam Daffodil Study

Vera Farah Bararah

(dok: change.org)
Jakarta, Daffodil Study kini tengah hangat diperbincangkan karena menggunakan bayi sebagai obyek penelitiannya. Meski penelitian ini mencantumkan logo IDAI, namun organisasi profesi ini membantah keikutsertaannya.

Dalam penelitian itu, logo IDAI memang tercantum bersama dengan laboratorium klinik Prodia. Namun menurut dr Badriul Hegar, SpA selaku Ketua IDAI membantah keikutsertaan IDAI dalam studi tersebut.

“IDAI sebagai organisasi profesi tidak ikut dalam penelitian tersebut,” tulis dr Badriul Hegar, SpA selaku Ketua IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) kepada detikHealth, Jumat (14/12/2012).

Daffodil Study merupakan penelitian mengenai susu formula yang memiliki judul lengkap ‘Pengaruh Susu Formula yang Mengandung Lemak Susu Sapi yang Diperkaya dengan Lemak Campuran dan Tambahan Fosfolipid Terhadap Durasi dan Gejala Infeksi Saluran Pencernaan dan Pernapasan pada Bayi’.

Kabar yang beredar, Daffodil Study melibatkan bayi-bayi dari 4 kecamatan di DKI Jakarta yang berusia kurang dari 4 bulan. Kriteria lainnya adalah bayi-bayi tersebut tidak mendapatkan ASI dari ibunya karena berbagai sebab.

Meski begitu, penelitian yang rencananya akan dilakukan awal tahun depan ini mendapat kecaman keras dari para konselor ASI (Air Susu Ibu) karena melibatkan bayi yang seharusnya mendapatkan ASI Eksklusif dari ibunya.

“Concern kami adalah tiap bayi berhak mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan sesuai UU 36/2009,” kata Nia Umar dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) dan juga Ikatan Konselor Menyusui Indonesia (IKMI).

Nia yang menggagas petisi online menolak Daffodil Study mengatakan ada banyak sebab yang membuat bayi-bayi tidak bisa mendapatkan ASI. Jika bisa diatasi dengan memberikan konseling pada ibunya, maka sangat tidak etis jika bayi-bayi itu malah diberi susu formula dan dijadikan bahan penelitian.

Jumat, 14/12/2012 16:53 WIB
(ver/vit)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s