Nutrisi-nutrisi Super yang Pas Buat Perempuan

Merry Wahyuningsih

img
(Foto: thinkstock)

Jakarta, Awet muda, langsing, selalu tampil cantik dan jauh dari penyakit tentu saja menjadi harapan hampir semua wanita. Untuk mendapatkannya, wanita membutuhkan makanan-makanan yang mengandung nutrisi super.Berikut beberapa nutrisi super yang dibutuhkan para wanita, seperti dilansir timesofindia, Sabtu (26/5/2012):

1. Yoghurt rendah lemak

Karena tinggi kalsium dan protein, yoghurt rendah lemak sangat ideal untuk wanita.

“Yoghurt menjadi sumber utama kalsium, membantu melawan osteoporosis. Konsumsi yoghurt juga dapat mengurangi risiko kanker payudara, mengurangi sindrom iritasi usus, gangguan pencernaan peradangan saluran, radang perut dan infeksi vagina, semua yang umum di perempuan,” jelas ahli nutrisi Pallavi Srivastava.

2. Lemak ikan

Lemak ikan kaya asam lemak omega-3. Salmon, sardin, tuna dan mackerel membantu mengurangi risiko pembentukan bekuan darah yang mungkin terjadi akibat penggunaan pil kontrasepsi.

Lemak ikan juga melindungi terhadap penyakit yang berhubungan dengan jantung, stroke, hipertensi, depresi, nyeri sendi, arthritis rheumatoid, masalah reproduksi dan dalam beberapa kasus bahkan dari penyakit Alzheimer.

Omega-3 juga membantu membuat otak optimal dan pengembangan penglihatan bayi dalam kasus ibu hamil atau menyusui.

Hal ini diketahui meningkatkan tingkat serotonin, yang merupakan zat kimia otak yang membuat Anda merasa dan membantu dalam memerangi depresi.

3. Kacang

Kacang rendah lemak dan kolesterol, juga merupakan sumber protein dan serat yang baik. Kacang melawan penyakit jantung dan kanker payudara, juga ideal untuk wanita karena mengurangi kemungkinan mendapatkan kanker usus besar.

Selain itu juga merupakan sumber protein nabati, yang dibutuhkan wanita untuk membantu melalui masa menopause.

4. Dark chocolate

Dark chocolate dikatakan kaya pelindung anti-oksidan yang membantu mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

Dark chocolate banyak mengandung magnesium, fosfor mangan, tembaga dan seng, yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga tulang yang kuat.

Studi tertentu juga menunjukkan bahwa dark chocolate dapat menurunkan tekanan darah, mempertajam pemikiran dan hidrat kulit. Dark chocolate juga cocok untuk meredakan gejala PMS menjelang menstruasi.

5. Pepaya

Sebagai sumber yang sangat baik dari kalium dan vitamin C, pepaya dapat mengimbangi efek sodium atau garam yang berpotensi berbahaya pada tekanan darah dan batu empedu.

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa perempuan berada pada risiko yang lebih tinggi menderita batu empedu dibandingkan pria. Jadi makan pepaya dapat membantu memerangi penyakit kandung empedu.

Tapi wanita hamil sebaiknya mengurangi pepaya karena bertindak sebagai kontrasepsi, yang dapat menyebabkan keguguran atau aborsi.

6. Tomat

Tomat mengandung anti-oksidan likopen yang kuat, yang membantu mengurangi kemungkinan kanker payudara. Tomat juga dikenal dapat melindungi dari sinar UV yang berbahaya dari matahari. Tomat membantu seorang wanita tetap muda dan langsing.

7. Bayam

Bayam dikenal sebagai salah satu sumber terbaik asam folat yang mencegah cacat lahir, penyakit jantung, kanker usus besar dan demensia.

Bayam juga membantu kulit agar tidak semakin rusak karena panas dan penundaan kerutan, garis halus dan kekasaran kulit yang datang karena usia.

Sabtu, 26/05/2012 07:58 WIB

(mer/ir)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s