Anggur Putih Dapat Merusak Gigi

Oleh: Santi Andriani

Headline

Jakarta– Bagi Anda yang suka minum anggur putih, tak ada salahnya mewaspadai bahaya penyakit yang mengancam jika terlalu berlebihan menikmatinya.

Anggur putih ternyata berkontribusi menyebabkan kerusakan gigi, khususnya pada enamel. Dokter-dokter gigi di Eropa mengeluarkan peringatan bahayanya mengonsumsi terlalu banyak anggur putih.

Adalah kandungan asam, berdasarkan eksperimen mereka, dalam anggur putih memiliki sifat agresif menyerang kalsium dan fosfor dari enamel. Akibatnya, enamel gigi menjadi cepat melemah.

Seperti dikutip dari geniusbeauty.com, mereka yang sering minum anggur putih memiliki kemungkinan lebih besar kehilangan lapisan enamel sebanyak 60 mikron lebih tebal.

Apakah ada cara mengantisipasinya? Ada. Yaitu Anda juga dapat menerapkan makan keju, karena makanan ini tinggi kalsium dan menyikat gigi tidak lebih dari setengah jam setelah minum anggur putih.

Antisipasi lainnya yang terbilang alami, yaitu menggunakan minyak kelapa. Oleh karena dijelaskan para ahli biologi dari Athlone Institute of Technology (Irlandia), dalam minyak kelapa terdapat beberapa sifat pelindung untuk melawan bakteri, yang disebut Streptococcus mutans, yang memprovokasi gigi berlubang.

Minyak kelapa dapat mencegah menimbunnya bakteri yang dapat membentuk plak, yang menyebabkan kerusakan gigi. Ada kemungkinan, bahwa minyak kelapa olahan akan dimasukkan dalam pasta gigi dan fasilitas lain untuk perawatan mulut.

Sabtu, 22 Desember 2012 | 10:30 WIB

INILAH.COM,

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s