Intip Perjalanan Evolusi Bikini Seksi

Nama bikini terinsipirasi dari sebuah proyek nuklir militer AS

Mutia Nugraheni

Model Molly Sims Memakai Bikini Berbahan Berlian
(www.bornrich.org)

Seperti juga teknologi, busana mengalami perkembangan sesuai zaman. Tidak terkecuali, busana renang seksi two piece atau bikini. Bentuk bikini saat ini merupakan hasil sebuah proses evolusi.

Tak banyak yang mengetahui kalau kondisi perang dunia II, ternyata memengaruhi desain bikini masa kini. Tak percaya? Tengok saja sejarah bikini, yang dilansir dari Time.com berikut.

Romawi

Bikini sebenarnya telah ada sejak ada zaman romawi kuno. Ini terlihat dari mosaik Villa Romana Del Casale di Sisilia, Italia dari abad ke-4. Dari gambaran mosaik tersebut, terlihat dua orang wanita yang sedang dalam kompetisi olahrga mengenakan dua potong kain yang bentuknya seperti bikini.

The famous Girls in Bikini mosaic

File:PiazzaArmerina-Mosaik-Bikini.jpg

1890

Sebuah ruang ganti dilengkapi roda yang diletakkan di pantai merupakan kelengkapan olimpiade 1890. Ruangan ini berfungsi seperti ruang jahit bagi para wanita yang akan menyambung keliman pakaian dengan stoking. Saat itu baju renang bentuknya seperti gaun pendek dilengkapi dengan penutup kaki.

1907

Lapisan rok akhirnya memberi jalan untuk baju renang one piece, dan tidak lagi menyembunyikan kontur tubuh wanita. Bentuk bikini modern muncul pada 1907, ketika perenang Australia terlihat mengenakannya di sebuah pantai Boston.

1940

Pada sekitar 1940an, rumah mode dibatasi untuk memproduksi busana renang. Ini tak lepas dari suasana perang dunia ke-2, di mana produksi kain berkurang. Pemerintah Amerika Serikat juga mengurangi pesanan kain. Tapi kondisi ini memicu kreativitas seorang pria Prancis.

 

1946

Tepatnya, 5 Jul 1946, seorang insinyur asal Prancis, Louis Reard membuat “busana yang lebih kecil dari busana renang terkecil”. Empat hari kemudian, militer Amerika Serikat melakukan tes nuklir di area Bikini Atoll.

Reard lalu menamakan busana renang two-piece buatannya dengan nama bikini, agar temuannya bisa “meledak” seperti nuklir. Tapi, pada awalnya tak ada satupun model yang berani mengenakannya.

Namun, akhirnya, ada Micheline Bernardini, seorang penari erotis. Ia merupakan wanita yang pertama kali mengenakan bikini pada 11 Juli 1946 dalam acara mode, Piscine Molitor di Paris.

1951

Bikini sempat dilarang kontes kecantikan di seluruh dunia. Itu setelah dikenakan oleh kontestan Miss World pertama di London pada 1951. Busana renang tetap dikenakan tapi yang berbentuk one piece. Bikini juga dilarang dikenakan Belgia, Italia, Spanyol dan Australia, bahkan oleh Vatikan dinyatakan sebagai perbuatan dosa jika mengenakannya.

Era Bridget Bardot

 

 

 

 

Popularitas bikini dimulai ketika aktris Prancis Bridget Bardot, tampil di film mengenakan baju renang two piece tersebut. Bikini pun semakin mendunia, bahkan disebut-sebut juga berpengaruh signifikan pada industri mobil Prancis.

Kini, bikini jadi bagian dari gaya hidup. Tengok saja pantai-pantai ternama di dunia seperti di Hawai, Miami dan Bali. Mata akan dengan mudah menemukan para wanita berbikini ria.

Selasa, 1 Mei 2012, 14:34 WIB
kosmo.vivanews.com/news/read/309395-intip-perjalanan-evolusi-bikini-seksi
• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s