Kemampuan Misterius Orangutan Sumatera

Tim ini juga menemukan simpanse Sumatera berbeda dengan Kalimantan

Karlina Octaviany

 

Orangutan Sumatera (VIVAnews/Kedubes Australia/
Ralph Walker)
Orangutan Sumatera memiliki trik yang cerdik untuk menunda masa puber hingga memiliki kemampuan melawan yang jantan lebih kuat. Kemampuan ini tidak ditemukan pada spesies primata lain, seperti saudaranya di Kalimantan.

Peneliti mencoba menjelaskan perilaku aneh ini. Mereka menemukan mekanisme penangguhan kematangan seksual berlangsung hingga 10 tahun. Hewan primata ini tidak akan memasuki masa puber hingga usia 30 tahun.

Orangutan jantan biasanya mulai bereproduksi ketika mencapai usia 15 tahun. Tapi, mereka tidak akan terpesona dengan yang betina hingga telah mencapai karakteristik seksual sekunder, seperti peningkatan massa otot.

Ketua tim peneliti Universitas South Florida, Amerika Serikat, Gauri Pradha seperti dilansir dari Dailymail.co.uk, mencatat penundaan masa puber orangutan Sumatera dapat  berlangsung hingga 10 tahun.

Tim ini juga menemukan simpanse Sumatera berbeda dengan Kalimantan. Mereka akan memonopoli betina selama beberapa minggu dalam satu periode.

Karakteristik lain yakni orangutan jantan menunggu rambut mereka tumbuh memanjang pada lengan dan punggung mereka. Jakun yang lebih besar juga bisa membuat mereka menggoda calon pasangannya.

Orangutan muda tampak menikmati tambahan 10 tahun sebagai “anak-anak”. Mereka menggunakan waktu itu untuk membangun kekuatan individu.

Kelompok orangutan jantan yang terdiri dari anggota paling dominan mengotrol kelompok betina. Pihak ini lebih sering mengalami insiden dalam perkembangan mereka. Pejantan tangguh ini akan memasuki masa puber ketika dapat menggulingkan pejantan yang paling dominan dalam kubunya.

Dari kemampuan ini, tim menemukan kaitan yang kuat antara masa puber yang tertunda dengan kematian usia muda.

 

Rabu, 23 Mei 2012, 06:12 WIB

http://teknologi.vivanews.com/news/read/315965-kemampuan-misteri-orangutan-sumatra

• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s