Pentingnya Makanan Warna Pelangi

Semakin banyak warna makanan pada piring akan membuat kulit lebih bersinar dan awet muda

Mona Indriyani

Warna buah dan sayur sebagai simbol nutrisi
(inmagine)

Warna buah dan sayur bukanlah hanya sebagai pembeda jenis antara satu dengan yang lainnya. Tetapi lebih dari itu, warna buah dan sayur merupakan suatu simbol informasi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Tidak ada salahnya menambahkan warna makanan ini dalam piring harian Anda. Semakin banyak warna, dan meriah seperti pelangi, yang Anda konsumsi akan membuat kulit lebih bersinar, tubuh ramping dan sehat. Berikut anjuran seperti dilansir dalam The Mirror.

Ungu

Kandungan anthocyanin dapat melindungi tubuh dari penyakit hati, menurunkan tekanan darah dan melawan penuaan. Sementara kandungan resveratrol berfungsi untuk mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan meningkatkan memori otak. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, konsumsi blueberry dapat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan.

Contoh: blackberry, blueberry, plum, kismis, kubis merah dan anggur.

Orange

Dalam kemasan sayur dan buah bewarna orange terdapat kandungan betakaroten, antioksidan, dan nutrisi lainnya yang dikenal dengan beta-cryptoxanthin. Manfaatnya adalah semua kandungan nutrisi ini dapat membantu Anda dalam mempertahankan saluran pernapasan dan radang yang disebabkan  oleh arthritis. Betakaroten juga berfungsi untuk penglihatan, dan membantu kulit untuk terhindar dari resiko kanker.

Contoh: jeruk, wortel, labu, ubi jalar, buah persik, mangga dan paprika.

Merah

Sebuah antioksidan kuat seperti lycopene dan anthocyanins terdapat pada sayur dan buah warna merah. Nutrisi ini dapat melindungi kulit dari sinar UV matahari dan mencegah resiko kanker. Beberapa penelitian juga mengatakan nutrisi tersebut dapat menyembuhkan asma. Warna merah juga menjadi simbol vitamin A dan vitamin C.

Contoh: jus tomat dan bloody marry.

Kuning

Kandungan karotenoid pada buah dan sayur warna kuning berfungsi untuk mengurangi resiko kanker, mencegah penyakit jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Contoh: lemon, pisang, jagung manis, nanas dan jeruk.

Hijau

Karotenoid dalam sayuran hijau disebut lutein dan zeaxanthin. Sayuran hijau dikenal sebagai bahan pangan yang kaya nutrisi. Konsimsi harian sayuran hijau dapat mengurangi resiko serangan jantung.

Contoh: selada, bayam, mentimun, brokoli, kacang hijau, toge dan buah kiwi.

Putih

Meski bewarna putih, sayur dan buah ini mengandung banyak nutrisi. Seperti antioksidan dan allicin (senyawa antibiotok dan anti jamur). Antibiotik alami yang ada dalam bahan pangan warna putih dapat menganggulangi kerusakan sel dalam penyakit yang serius. Selain itu beta glukan yang ada dalam antioksidannya berfungsi untuk meningkatkan sel darah putih.

Contoh: kentang, bawang putih, jamur dan kembang kol.

Rabu, 2 Mei 2012, 11:24 WIB
http://kosmo.vivanews.com/news/read/309717-pentingnya-warna-pelangi-dalam-makanan
• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s