Sarapan Terbukti Meningkatkan Prestasi Belajar

AN Uyung Pramudiarja

img
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Bagi murid sekolah, sarapan sangat penting karena dapat mempengaruhi prestasi belajar. Menurut penelitian, murid yang tak pernah lupa sarapan saat mau berangkat sekolah prestasinya lebih tinggi dibandingkan yang tidak sarapan.Penelitian yang dilakukan olehToronto District School Board (TDSB) tersebut melibatkan 6.000 murid dari sedikitnya 7 sekolah di Toronto. Pengamatan dilakukan selama 2 tahun, dengan membandingkan prestasi belajar dan kebiasaan sarapan sebelum berangkat sekolah.

Sekitar 78 persen murid yang selalu sarapan saat mau berangkat sekolah tercatat berada di jalur yang benar menuju kelulusan, dalam arti sekolahnya lancar-lancar saja. Angka ini lebih tinggi, dibandingkan pada murid yang tidak sarapan, yang hanya sekitar 61 persen.

Murid yang sarapan juga tercatat lebih rajin, jika dilihat kehadirannya, karena kecenderungannya untuk tidak masuk karena sakit lebih rendah 3 persen. Seperti dikutip darisouthasiamail, Senin (21/5/2012), kemampuan membaca dan memahami materi pelajaran juga lebih tinggi sekitar 10 persen.

Secara umum, sarapan dianggap dapat mencegah gangguan rasa lapar pada 82 persen murid sekolah. Sekitar 70 persen murid mengakui sarapan dapat meningkatkan energi sehingga tidak cepat lelah, sedangkan 66 persen menganggapnya bisa menghemat uang saku karena tidak perlu jajan banyak-banyak.

Selain melakukan penelitian, RDSB juga merintis program sarapan bergizi untuk anak sekolah di lingkungan Jane and Finch. Sebelumnya di lingkungan yang tingkat kemiskinan dan tindak kekerasannya cukup tinggi tersebut, 51 persen anak sekolah dasar dan 68 persen anak SMA tidak pernah sarapan.

Selain itu, RDSB juga merekomendasikan agar menu sarapan secara rutin diganti agar nutrisinya bervariasi dan tidak cepat bosan. Saran ini sejalan dengan hasil penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwamakan menu yang sama setiap hari bikin daya tahan tubuh melemah.

Senin, 21/05/2012 07:01 WIB
(up/ir)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s