Telur, Diit Sehat Bagi Jantung ?

Dua butir telur adalah alternatif pengganti satu porsi daging

Anda Nurlaila

Telur mengandung 14 nutrisi penting bagi tubuh
(dok. Corbis)

Ingin tahu makanan yang dapat menjaga kesehatan, terutama jantung? Ahli gizi asal Kanada, Dr Peter Jones menyebutkan, bahwa kunci diit sehat adalah dengan mengonsumsi telur.

“Telur adalah salah satu makanan alami yang paling bergizi. Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi dan mengandung 14 nutrisi penting,” katanya.

Telur mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk vitamin A, B12 dan E. Telur juga salah satu dari beberapa makanan yang secara alami mengandung vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Sebagian orang menghindari asupan telur karena kekhawatiran mengenai kolesterol. Akan tetapi, penelitian ilmiah menemukan, bahwa kolesterol dalam telur disebut kolesterol makanan berefek sangat kecil terhadap kolesterol dalam darah–dikenal sebagai kolesterol.

Yang perlu dikahwatirkan, ujar Jones, seperti dikutip CanadaNews adalah jumlah lemak jenuh dan trans yang Anda makan. “Makan terlalu banyak lemak tidak sehat karena dapat meningkatkan kolesterol dalam darah Anda, meningkatkan risiko jantung dan stroke. Sedangkan telur memiliki lemak jenuh dan trans yang rendah,” kata dia.

Sementara itu, Badan Kesehatan Kanada juga merekomendasikan telur sebagai bagian dari diit seimbang dan menganggap dua porsi telur adalah aternatif dari satu porsi daging. (asp)

Minggu, 13 Mei 2012, 11:44 WIB
http://kosmo.vivanews.com/news/read/313319-telur–diet-sehat-bagi-kesehatan-jantung
• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s