7 Angka Penting untuk Kesehatan

Waspadai angka berat badan Anda, peningkatan yang drastis akan berujung pada obesitas

Mona Indriyani

Deteksi payudara dengan mammogram..

Berapa banyak nomor yang Anda hafal di kehidupan sehari-hari? Nomor telepon, rekening, pin dan tanggal ulang tahun mungkin sudah di luar kepala. Tapi bagaimana dengan angka kesehatan yang Anda miliki?

Angka kesehatan merupakan salah satu simbol yang wajib nda hafal. Melalui simbol ini Anda akan memiliki kemudahan dalam mengontrol kesehatan dan juga perkembangan tubuh. Ada beberapa angka kesehatan yang harus Anda ketahui:



Berat badan

Sebuah studi di UCLA menunjukan bahayanya tingkat obesitas pada wanita. Hal ini mungkin saja dapat terjadi karena mereka tidak pernah memantau berat badannya. Jika sudah terlambat masalah obesitas pun akan sulit diatasi, dan ini akan berdampak buruk pada kesehatan.



BMI (Body Mass Index)

Selain mengetahui berat badan, Anda juga harus mengetahui indeks massa tubuh. Untuk mengetahuinya, Anda dapat menggunakan bantuan kalkulator BMI yang tersedia. Bahkan kalkulator ini juga dapat Anda temukan dalam sebuah website kesehatan. Di sini mereka akan mengukur berapa lingkar pinggar Anda, dan berapa lingkar yang ideal, serta Anda juga akan mendapatkan info tentang berat badan (gemuk, kurus dan ideal). Di samping itu kalkulator BMI juga dapat memberikan info resiko kesehatan yang berkaitan dengan berat badan Anda.



Kolesterol

Ada beberapa angka penting yang mempengaruhi total kolesterol. Lemak buruk (LDL) dan lemak baik (HDL) dua angka ini sangat penting Anda ketahui. Jika keseluruhan nilai HDL tinggi, tandanya Anda tidak memiliki masalah dengan kolesterol. Tetapi jika sebaliknya, justru HDL Anda yang tinggi, sebaiknya Anda mulai menjaga makanan dan berkonsultasi pada dokter.

 

Penglihatan

Semakin bertambah usia tingkat penglihatan juga akan menurun. Itu sebabnya kita harus rutin memeriksanya setiap dua atau empat tahun. Hal ini sangat penting dilakukan sebelum memasuki usia 40 tahun.

SPF

Jenis kulit dan iklim akan memperngaruhi jenis SPF. Beberapa tahun terakhir ini FDA telah merekomendasikan perubahan terhadap range SPF yaitu 30. Pemakaian SPF sangat penting karena untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Perhatikan seri SPF Anda, tanpa perlindungan ini kulit Anda akan rentan terhadap penyakit kanker.

 

Kalori

Berat badan ideal juga dapat dikendalikan melalui perhitungan matematika. Apabila Anda ingin menurunkan berat badan, kalori yang Anda konsumsi harus kurang dari kalori yang Anda bakar. Tetapi, jika Anda ingin menjaga berat badan, kalori Anda harus lebih dari kalori yang Anda bakar. Mudah bukan?

Tanggal Mammogram

Laporan CDC pada tahun 2007, menunjukan lebih dari 200.000 wanita di Amerika Serikat didiagnosis mengidap kanker payudara. Lebih dari 40.000 wanita meninggal. Solusi untuk menghindarinya yaitu dengan cara deteksi sejak dini dengan mammogram. Jika Anda memiliki potensi terkena kanker payudara, sebaiknya Anda mulai menjadwalkan mammogram dalam kalender.

Kamis, 19 April 2012, 12:39 WIB
• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s