Ibu Berpendapatan Rendah Cenderung Berlebihan Beri Makan Bayi

Putro Agus Harnowo

 

img
ilustrasi (foto: Thinkstock)

Jakarta, Ibu yang miskin, menjanda atau mengalami depresi lebih mungkin memberikan makanan kepada bayinya secara berlebihan dengan cara menambahkan sereal dalam susu botol bayi. Hal ini dapat menyebabkan bayi mengalami kenaikan berat badan secara berlebihan.

Dalam penelitian ini, ilmuwan di AS mengkaji data dari 254 orang ibu bayi yang berpenghasilan rendah, terutama dari keluarga Hispanik. Peneliti menemukan bahwa 24% ibu menambahkan sereal dalam susu botol bayi. Ibu yang depresi 15 kali lebih mungkin melakukan hal ini daripada ibu yang tidak depresi.

“Depresi sangat umum ditemui di kalangan ibu berpenghasilan rendah dan menyebabkan sulit menerapkan praktik pengasuhan yang bermanfaat. Hasil penelitian kami memprihatinkan karena menemukan bahwa ibu yang depresi lebih mungkin menambahkan sereal ke dalam susu botol yang dapat meningkatkan risiko anaknya mengalami obesitas,” kata peneliti, Dr Candice Taylor Lucas, profesor pediatri di New York University School of Medicine dan Bellevue Hospital Center di New York City seperti dilansir HealthDay, Senin (30/4/2012).

Para peneliti juga menemukan, bahwa ibu yang mengasuh anaknya sendirian lebih besar kemungkinannya menambahkan sereal ke dalam susu botol. Kecenderungan ini juga ditemui pada ibu yang merasa anak-anaknya mengalami reaksi emosional yang kuat saat melakukan rutinitas sehari-hari.

“Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa stres yang umum ditemui dalam rumah tangga berpendapatan rendah seperti depresi, orangtua tunggal dan masalah perilaku bayi berkaitan dengan praktik pemberian makan yang memicu obesitas. Sangat penting untuk memberikan dukungan kepada orang tua agar melakukan praktik pemberian makan sehat, jika ingin mengakhiri wabah obesitas,” kata Lucas.

Penelitian ini dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Pediatric Academic Societies di Boston. Peneliti menganjurkan kepada petugas pelayanan medis untuk lebih mempromosikan praktik pemberian makan yang sehat kepada bayi lewat penyuluhan dan pendidikan kepada ibu dan pengasuh.

http://health.detik.com/read/2012/04/30/133104/1904908/764/ibu-berpendapatan-rendah-cenderung-berlebihan-beri-makan-bayi?l1101755hl
(pah/ir

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s