Wanita Butuh 1 Tahun Pulih Usai Melahirkan

Studi menemukan pemulihan fisik dan mental selama enam minggu hanyalah fantasi

Anda Nurlaila

Ibu mengalami gangguan fisik dan mental usai melahirkan (Corbis)

Para ibu yang baru saja melahirkan membutuhkan waktu satu tahun penuh agar dapat kembali hidup normal. Sebuah studi terbaru bahkan menemukan, sebagian besar wanita butuh waktu lebih lama untuk pulih dari kehamilan dan melahirkan.

Dr Julie Wray dari Salford University, mewawancarai wanita saat 2-3 minggu, dan 3-7 bulan setelah melahirkan. Studi bertujuan mengetahui berapa banyak waktu yang dibutuhkan wanita untuk pulih setelah melahirkan.

Hasilnya menyimpulkan bahwa rata-rata wanita menyebut satu tahun agar bisa kembali normal sebelum hamil dan melahirkan. Dr Wray juga menekankan bahwa pemulihan selama enam minggu pasca melahirkan hanyalah fantasi.

Studi yang sama menemukan, banyak ibu baru yang merasa tidak puas dengan layanan pasca melahirkan baik dari dokter, bidan maupun perawat serta layanan rumah sakit.

Sebagian tidak memperoleh pemeriksaan fisik, sementara lainnya tak diberi tahu apakah tubuh mereka telah sembuh atau tidak. Dia menyatakan melahirkan di rumah sakit membuat wanita sulit pulih karena kunjungan yang tak dikehendaki atau aturan di dalamnya.

Dr Wray juga menambahkan adaptasi wanita masa kini pasca melahirkan lebih cepat daripada tahun-tahun sebelumnya. “Penelitian ini menunjukkan bahwa layanan pascakelahiran lebih realistis dibutuhkan.”

“Wanita merasa membutuhkan waktu lebih dari enam minggu untuk memulihkan diri. Mereka harus mendapat dukungan 6-8 minggu setelah proses bersalin,” katanya seperti diberitakan Dailymail.

Beberapa gangguan fisik yang dialami pasca melahirkan diantaranya sakit pinggang, merasa lelah hingga tekanan psikologis menjadi seorang ibu. “Terutama bagi ibu yang bekerja sebelum melahirkan,” katanya. (umi)

Senin, 20 Februari 2012, 09:34 WIB
• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s