Lawan Penuaan Kulit Wajah dengan 5 Cara Ini

Penuaan ternyata dipicu oleh aktivitas yang tak pernah kita sadari

Maya Sofia, Shalli Syartiqa

Penuaan juga ternyata dipacu oleh beberapa aktivitas yang tak pernah kita sadari

Proses penuaan memang tak dapat dihindari oleh setiap manusia, karena bersifat alamiah. Akan tetapi, tahukah Anda, penuaan ternyata juga dipicu oleh beberapa aktivitas yang tak pernah kita sadari.

Ahli kulit asal Amerika Serikat, Dr. Tess Mauricio pun memberikan beberapa tips mudah agar wajah tetap terlihat kencang. Berikut tips memperlambat penuaan pada kulit wajah seperti dilansir laman Female First.

1. Hindari minum menggunakan sedotan.

Minum menggunakan sedotan bagi sebagian banyak orang memberikan kenyamanan tersendiri. Terlebih bagi mereka yang tak ingin bibirnya menyentuh gelas atau kaleng. Namun, penggunaan sedotan ternyata dapat memacu garis-garis halus di sekitar mulut, yang merupakan tanda penuaan awal kulit.

2. Latihan tidur terlentang.

Menaruh wajah pada bantal dengan posisi yang sama setiap malam dan selama bertahun-tahun ternyata bisa memicu kerutan. Bagi wanita yang biasa tidur menyamping, garis-garis ini muncul pada bagian dagu dan pipi. Sementara itu, garis-garis kerutan pada pria lebih banyak ditemukan di bagian dahi, karena mereka terbiasa tidur dengan wajah menghadap bantal. Oleh karena itu, dianjurkan untuk tidur terlentang guna memperlambat penuaan pada wajah.

3. Tutup tirai pada jendela pesawat.

Saat berada di pesawat, tentunya kita akan lebih dekat dengan Matahari. Ini juga menjelaskan mengapa pilot dan pramugari lebih berisiko terkena melanoma dan kanker kulit. Oleh karena itu, dianjurkan untuk minum air putih sebanyak mungkin saat Anda berada di pesawat. Hindari alkohol serta makanan asin. Jangan lupa untuk menggunakan krim yang mengandung SPF15, 30 menit sebelum keberangkatan pesawat. Bagi Anda yang duduk dekat jendela, pastikan untuk menutup tirai.

4. Waspada krim kecantikan yang mengandung zat kimia.

Menggunakan krim kecantikan yang mengandung zat kimia secara berlebihan dapat  membahayakan dan merugikan. Sebab, banyak bahan di dalam krim kecantikan yang justru mempercepat proses penuaan. Hindari penggunaan krim kecantikan yang mengandung, parabens, minyak mineral, paraffin, petrolatum, dimethicone, dan zat kimia lainnya. Perhatikan label pada produk krim kecantikan sebelum Anda membelinya dan jangan lupa berkonsultasi dengan ahli kulit sebelum mencoba produk kencantikan baru.

5. Menjaga berat badan yang sehat
.

Penambahan berat badan tentunya bisa membuat kulit Anda terlihat lebih gemuk di permukaan. Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan peningkatan kadar insulin dan kortisol. Oleh karenanya, peningkatan berat badan yang berlebihan bisa berdampak pada kelenturan kulit. Hal yang sama juga terjadi saat berat badan turun. Elastisitas kulit akan terpengaruh dan menyebabkan wajah lebih kendur.

Penuaan dini juga terjadi pada mereka yang mengalami diit yo-yo (berat badan turun naik). Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk tetap menjaga berat badan yang sehat dan didukung diit serta olahraga yang tepat. (art)

Sabtu, 29 Desember 2012, 17:38 WIB

• VIVAlife

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s