Musim Hujan Sebabkan Kulit Kering, Atasi dengan Konsumsi Makanan Bervitamin D Ini

Linda Mayasari

 

Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

 

Jakarta, Ketika musim hujan tiba, cuaca akan berubah menjadi dingin dan menimbulkan efek kering pada kulit. Anda dapat mengatasi kulit kering dengan cara yang mudah yaitu dengan meningkatkan asupan vitamin D yang dapat menjaga kelembaban kulit secara alami.

Kulit terdiri dari lapisan khusus yang dirancang untuk mengkonversi radiasi ultraviolet B dari matahari menjadi vitamin D, kurangnya sinar matahari dapat menghambat konversi ini. Sehingga ketika musim hujan, dimana tidak banyak sinar matahari yang terpapar ke tubuh, kulit seseorang akan terasa kering.

Studi terbaru yang dilakukan oleh Johnson and Johnson Skin Research Center telah menemukan hubungan antara kadar vitamin D yang rendah dengan kulit kering.

Peneliti melakukan studi observasional terhadap dua kelompok yang beranggotakan 83 dan 61 orang. Pada bagian pertama penelitian, kelompok peserta yang terdiri dari 83 peserta diukur kadar serum dan konduktansi kulitnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang kekurangan vitamin D rata-rata memiliki kulit yang kering.

Pada bagian kedua penelitian, peneliti memberikan salep topikal yang mengandung vitamin D kepada kelompok peserta yang beranggota 61 orang dan terbukti memiliki kadar vitamin D yang cukup dalam tubuhnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelembaban kulit meningkat dan kulit kering berangsur-angsur membaik. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan adanya hubungan antara tingkat vitamin D dengan hidrasi kulit.

Menurut US National Library of Medicine, para ahli kesehatan bahkan telah menggunakan vitamin D untuk mengobati masalah pada kulit termasuk vitiligo, skleroderma, psoriasis, keratosis actinic, dan lupus vulgaris.

Bahkan, sejumlah studi telah menunjukkan bahwa vitamin D sangat penting untuk menjaga keseimbangan jaringan kulit. Kurangnya keseimbangan dapat menyebabkan kulit keriput dan kering karena gangguan.

Karena tubuh kurang terpapar cahaya matahari selama musim hujan, Anda dapat mencegah kulit kering dengan menambah asupan vitamin D melalui diet. Beberapa makanan mengandung vitamin D secara alami yang dapat meningkatkan kelembaban kulit.

Seperti dikutip dari naturalnews, Minggu (30/12/2012), berikut adalah makanan-makanan yang mengandung vitamin D dan baik untuk mencegah dan mengatasi kulit kering, antara lain:

1. Makan ikan

Selain mampu menyediakan lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin D harian Anda, ikan juga kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang dapat membantu kulit dan rambut memerangi kekeringan. Ikan yang mengandung vitamin D terbaik termasuk salmon, sarden, minyak hati ikan cod dan tuna. Selain ikan, telur juga mengandung vitamin D yang sehat.

2. Minum jus jeruk

Mulailah hari dengan minum segelas jus jeruk yang dapat memenuhi sekitar sepertiga dari jumlah vitamin D yang Anda butuhkan sehari-hari. Anda juga dapat merasakan manfaat tambahan dari kandungan vitamin C-nya yang dapat memperkuat kolagen, sebuah elemen kunci untuk memperlambat laju penuaan pada kulit.

3. Mengonsumsi yogurt

Konsumsi rutin yogurt dapat membantu memenuhi sekitar 20 persen dari kebutuhan harian vitamin D. Yogurt juga dilengkapi dengan probiotik yang baik untuk usus dan pencernaan.

4. Sarapan dengan sereal gandum

Pilihlah sereal gandum yang sehat sebagai menu sarapan Anda karena gandum juga mampu memenuhi seperempat dari kebutuhan vitamin D harian. Gandum juga menawarkan manfaat dari serat yang baik untuk pencernaan dan menjaga berat badan.

Minggu, 30/12/2012 12:05 WIB
(vit/vit)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s