5 Makanan Manis Ini Mampu Obati Sembelit dengan Alami Lho

Linda Mayasari

(Foto: thinkstock)
Jakarta, Sembelit atau yang sering dikenal dengan susah buang air besar dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Jangan terburu-buru mengambil obat pencahar untuk mengatasinya, sembelit juga dapat diatasi dengan menggunakan makanan manis.

Sembelit dapat dicegah dengan diet kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan memperbanyak konsumsi air putih. Tetapi jika sembelit telah terjadi, Anda dapat mengobatinya dengan cara yang lebih alami dari obat pencahar yaitu menggunakan makanan manis yang memiliki khasiat obat.

Ketika sembelit terjadi, atasi dengan mengonsumsi keempat makanan manis ini, seperti dilansir naturalnews, Kamis (27/12/2012) antara lain:

1. Sari tebu (molasses)

Molasses adalah sirup kental yang terbuat dari sari tebu dan kaya akan kandungan mineral seperti besi, tembaga, dan mangan. Sari tebu ini dikenal memiliki efek positif untuk kulit, mata, rambut, dan suasana hati. Salah satu manfaat baik sari tebu yang jarang sekali dibahas adalah sifat pencaharnya.

Sembelit dapat diatasi dengan mencampurkan dua sendok teh molasses dengan air matang dan meminumnya di pagi hari. Hal ini tidak hanya dapat meningkatkan energi, tetapi juga dapat melunakkan tinja dan efektif mempromosikan keteraturan buang air besar bila dikonsumsi setiap hari.

2. Xylitol

Selain baik untuk gigi dan membantu penurunan berat badan, pengganti gula yang sering ditemukan dalam permen karet ini juga dapat berfungsi sebagai pembersih alami usus dan mengatasi sembelit. Sebuah penelitian juga telah menunjukkan bahwa xylitol aman untuk dikonsumsi dalam jumlah berapa pun seperti gula yang rendah kalori dan mengandung indeks glikemik rendah.

3. Cokelat murni

Cokelat murni berbeda dengan cokelat yang telah dicampur dengan susu dan banyak dijual di supermarket. Cokelat murni juga sering disebut cokelat hitam yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk sifat antioksidan yang signifikan.

Salah satu kemampuannya adalah untuk meningkatkan fungsi usus karena kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium dapat membantu kontraksi otot usus dan mendorong ekskresi. Makan beberapa potong cokelat hitam setelah makan dapat mengatasi sembelit.

4. Madu murni

Madu murni dapat mempertahankan seluruh kandungan mineral penting dan enzim, yang akan hilang jika madu telah diproses. Madu murni memiliki efek yang sangat positif terhadap sistem pencernaan. Minumlah campuran madu murni dengan air hangat 30 menit sebelum makan untuk memperkuat usus dan mempersiapkan sistem pencernaan untuk makanan berat agar terhindar dari sembelit.

Kamis, 27/12/2012 07:17 WIB
(vit/vit)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s