Manfaat dan Fungsi Daerah Resapan Air di Jakarta Selatan

Gan, sekedar info dan untuk diskusi saja nih, gan. Ada yang tahu pengertian dan fungsi Daerah Resapan Air gak gan? Kalau menurut ane yang masih awam ini sih, daerah resapan air merupakan sebuah daerah yang disediakan untuk masuknya air dari permukaan tanah ke dalam zona jenuh air sehingga membentuk suatu aliran air di dalam tanah. Fungsi dari daerah resapan air sendiri adalah untuk menampung debit air hujan yang turun di daerah tersebut. Secara tidak langsung daerah resapan air memegang peran penting sebagai pengendali banjir dan kekeringan di musim kemarau.

Di Ibu kota Jakarta sendiri daerah resapan air sudah sangat berkurang gan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pembangunan gedung-gedung perkantoran, perumahan, dan pusat perbelanjaan. Oleh karena itu Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan berupaya mempertahankan wilayahnya menjadi daerah resapan air dan membuka ruang terbuka hijau (RTH).

Salah satu yang menjadi unggulan wilayah Jakarta Selatan untuk menjadi daerah resapan air ialah area danau Setu Babakan. Agan udah pada tahu kan Danau Setu Babakan??, kalau belum tahu,, Danau ini terletak di Kecamatan Jagakarsa dan tentunya masih di wilayah Jakarta Selatan. Danau ini menjadi tulang punggung resapan air di Jakarta Selatan. Selain berfungsi sebagai daerah resapan air, disekitar danau ini juga dibuat perkampungan cagar budaya Betawi.


Danau Setu Babakan

Selain danau, pemerintah Jakarta Selatan juga telah mengaktifkan beberapa taman kota, seperti Taman Ayodya, Taman Langsat, dan taman Barito yang terletak di Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan, lebih tepatnya di sekitar kawasan Blok M. Taman ini juga berfungsi menjadi ruang terbuka hijau (RTH) dan menjadi salah satu tempat daerah resapan air.


Taman Ayodya

Setidaknya ada tiga kecamatan di wilayah Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan yang menjadi target daerah resapan air gan, yaitu di Kecamatan Jagakarsa, Kecamatan Cilandak, dan Kecamatan Pasar Minggu.

Dibuatnya daerah resapan air dan dibukanya ruang terbuka hijau, Pemkot Jakarta Selatan diharapkan mampu membantu program pemerintah DKI Jakarta untuk mengatasi dan menanggulangi banjir dan kekeringan.

Tolong diperhatikan pula daerah resapan air di kawasan Situ Babakan agar ditertibkan, soalnya saat kunjungan kesana, terlihatĀ  beberapa tempat yang mungkin masuk wilayah situ sudah dibangun perumahan… bagaimana itu??? katanya daerah resapan air…

1 Comment

  1. Soal pelestarian daerah resapan air ini, pada umumnya, kegagalan Pemprov. DKI pada masa lalu, yang telah menghilangkan sebagian besar daerah resapan air (dosa pemimpinnya masa lalu), pada umumnya tidak menjadi bahan pembelajaran para pemimpin daerah, baik di Jawa maupun di luar Jawa, sehingga pengalaman kronis banjir di DKI, seri masa depannya akan dilanjutkan di daerah/provinsi lainnya


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s