Empat Cara Sederhana Hindari Bibir Pecah-pecah

Kulit bibir yang mengelupas akan menimbulkan luka

 

Finalia Kodrati, Tasya Paramitha

 

Bibir indah dan sehat

 

Di musim hujan dengan cuaca yang dingin, kulit bibir seringkali mudah menjadi kering. Jangan pernah sepelekan bibir kering itu, karena jika dibiarkan maka akan menimbulkan kulit bibir pecah-pecah dan bahkan mengelupas.

Apabila sudah mencapai tahap serius, kulit bibir yang mengelupas akan menimbulkan luka.  Sesungguhnya kita bisa mencegah luka bibir itu dengan melakukan empat cara sederhana berikut ini. Dikutip dari Bellasugar:

1. Jangan menjilat bibir: Peraturan pertama dalam mencegah bibir pecah-pecah adalah jangan menjilat bibir. Bibir Anda secara alami memiliki lapisan minyak pelindung yang tipis. Ketika Anda terlalu sering menjilat bibir, maka akan menyebabkan bibir yang pecah-pecah, kian memburuk.

2. Gunakan lip balm dengan tepat: Bahan-bahan oklusif seperti lilin dan petroleum jelly membantu menjaga kelembaban bibir, serta mencegah bibir pecah-pecah. Namun, sayangnya tidak selalu memberikan dorongan hidrasi yang dibutuhkan oleh bibir Anda. Jadi, pastikan untuk menggunakan hydrating lip balm yang memiliki tekstur lembut, yang dapat menembus bibir Anda yang telah kering dan pecah-pecah.

3. Tambahkan perawatan lip scrub: Sedikit pengelupasan dapat membantu menyingkirkan bibir kering yang bersisik sebelum retak dan pecah-pecah. Anda dapat menggunakan gula kristal dengan lembut untuk membantu kulit kering mengelupas. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak maracuja untuk membantu untuk mengisi kelembaban yang dibutuhkan bibir Anda. Namun, pastikan untuk tidak melakukan scrub pada kulit yang sudah rusak.

4. Coba gunakan medicated balm: Jika bibir Anda telah benar-benar rusak dengan kulit yang kering, kasar dan pecah-pecah, jangan lakukan ketiga langkah diatas. Yang dapat Anda lakukan adalah mengaplikasikan medicated lip balm. Dengan formulanya yang membantu bibir kembali terhidrasi, medicated lip balm memiliki bahan-bahan aktif yang dapat menyembuhkan bibir yang mengalami kerusakan serius.

 

Senin, 24 Desember 2012, 14:39 WIB

• VIVAlife

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s