Kembali Fit Setelah Libur Panjang

Lakukan cara ini agar tubuh terasa segar saat beraktivitas esok hari

Mutia Nugraheni

Kembalikan kebugaran tubuh. (istockphoto)

Akhir tahun memang saatnya untuk berlibur. Hingga pada tahun baru 2013 ini, Anda mungkin menghadiri banyak acara dan pesta. Rabu esok harus kembali bekerja dan menjalani banyak aktivitas.

Kesibukan sudah menunggu, di hari terakhir liburan ini saatnya mengembalikan vitalitas tubuh. Bagi Anda yang terlalu banyak minum, dan kelelahan setelah liburan, lakukan saja lima cara berikut agar besok tubuh terasa segar saat kembali bekerja.

1. Air putih hangat

Efek yang pasti setelah minum minuman beralkohol adalah dehidrasi. Jadi, segera setelah Anda bangun segera minum air putih. Akan lebih baik berupa air putih hangat. Jangan sampai tubuh lemas, kulit kering, dan sakit kepala karena dehidrasi.

2. Konsumsi makanan ‘ramah perut’

Pizza, sandwich, minuman bersoda atau beralkohol mungkin banyak Anda konsumsi tadi malam. Demi mencegah agar perut tak mengalami masalah saat masuk kerja esok, hari ini perbanyak konsumsi makanan yang sehat. Anda dapat sarapan dengan roti gandum, buah manis atau cracker. Ini juga jadi cara cepat untuk menormalkan kondisi perut setelah semalam ‘bekerja keras’.

3. Air kelapa atau vitamin B

Bagi Anda yang harus bekerja hari ini setelah semalam berpesta, ada cara cepat mengembalikan fokus dan tubuh fit. Minum saja air kelapa, karena menurut Food and Agriculture Organization (FAO) seperti dilansir dari Shine, air kelapa mengandung elektrolit tinggi, yang sangat dibutuhkan cairan tubuh. Mengonsumsi vitamin B juga dapat mengurangi nyeri karena tubuh kelelahan.

4. Pijat

Masih banyak waktu untuk memanjakan tubuh? Anda bisa pergi ke tempat spa untuk dipijat. Ini memang cara relaksasi paling nikmat, kelelahan bisa hilang dan Anda pun dapat tidur nyenyak.

5. Cari keringat dan istirahat

Tak ada salahnya sore nanti Anda habiskan dengan melakukan olahraga ringan. Ini membantu tubuh melakukan pemanasan sebelum beraktivitas kembali esok hari. Setelah itu, usahakan untuk segera tidur cepat sehingga dapat beristirahat dengan maksimal. (sj)

Selasa, 1 Januari 2013, 09:48 WIB

• VIVAlife

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s