Sakit Jantung Lebih Mematikan Jika Disertai Impotensi

Sakit Jantung Lebih Mematikan Jika Disertai Impotensi

 

AN Uyung Pramudiarja

 

img
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
 
Jakarta, Mati mendadak karena serangan jantung adalah risiko yang dihadapi oleh hampir semua pasien gangguan jantung. Namun pada lelaki, risikonya bisa menjadi 2 kali lebih tinggi jika gangguan jantung tersebut juga disertai gangguan ereksi.

Sebuah penelitian yang dilakukan Dr Michael Bohm dariUniversity of Saarland di Jerman pernah mengungkap, gangguan ereksi atau impotensi bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Bagi yang sudah punya riwayat sakit jantung, risiko tersbeut bisa meningkat 2 kali lipat.

Peningkatan risiko serangan jantung otomatis dibarengi juga dengan peningkatan risiko mati mendadak. Di seluruh dunia, serangan jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian paling besar karena berkaitan dengan gaya hidup moderen yang secara fisik kurang begitu aktif.

“Gangguan ereksi harus diperhatikan dalam rekam medis pasien. Gangguan itu bisa menjadi gejala awal dari atheroschlerosis atau pengerasan dinding pembuluh darah,” kata Dr Bohm dalam laporannya di jurnalCirculation seperti dikutip dariNydailynews, Rabu (27/3/2012).

Dalam penelitiannya, Dr Bohm melakukan pengamatan terhadap 1.519 laki-laki yang sedang menjalani perawatan untuk berbagai jenis gangguan jantung. Di antara para partisipan yang berasal dari 13 negara tersebut, 55 persen juga memiliki keluhan susah ereksi.

Hasil pengamatan selama 2 tahun menunjukkan, 11,3 persen partisipan dari kelompok yang memiliki keluhan impotensi akhirnya meninggal dunia. Jumlah ini 2 kali lebih besar, dibandingkan pada kelompok partisipan yang tidak mengalami impotensi, yakni hanya 5,6 persen.

Dr Bohl menilai, penggunaan obat-obat antiimpotensi kadang-kadang menyamarkan gangguan ereksi yang seharusnya perlu diwaspadai oleh pasien sakit jantung. Ketika gejala ini terabaikan, dokter jadi lebih sulit memperkirakan peningkatan risiko mati mendadak akibat serangan jantung.

Mar 29, ’12 2:15 AM

(up/ir)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s