Survei: 96% Wanita Ingin Ubah Bentuk Tubuh

Mereka tak suka melihat gambaran penampilan sendiri di cermin

Pipiet Tri Noorastuti

 

Banyak wanita terbelenggu citra cantik
yang ditampilkan media (inmagine)

Sebuah survei mengungkap, bahwa mayoritas remaja perempuan tak puas dengan penampilannya. Mereka merasa tak cantik dan percaya, bahwa menurunkan sedikit berat tubuh akan membuat penampilan lebih menarik.

Survei yang dipublikasikan majalah Girfriend Australia itu mengungkap, sebanyak 54 persen perempuan usia 13-20 tahun sengaja mengurangi asupan makanan demi mendapatkan tubuh impian. Dan, 96 persen mengatakan ingin mengubah bentuk tubuh, jika bisa.

Survei dilakukan untuk menyoroti fenomena remaja perempuan yang tampaknya terbelenggu citra cantik yang ditampilkan media. Ada kekhawatiran, bahwa gambaran tubuh ideal yang tertanam di pikiran mereka akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Sarah Tarca, editor yang terlibat dalam penelitian mengatakan, bahwa saat diminta mendeskripsikan diri, para remaja perempuan itu cenderung kehilangan percaya diri dengan mengumbar kalimat, “sadar diri”.

Sekitar 25 persen dari mereka yang mengikuti survei mengatakan tak suka melihat gambaran penampilan sendiri di cermin. Hanya sembilan persen yang puas dan percaya diri dengan penampilannya sendiri.

“Anehnya, saat kami bertanya tentang karakteristik yang mereka lihat dari sosok cantik, enam jawaban terbanyak adalah percaya diri, bahagia, berkepribadian baik, ramah, sehat, dan cerdas. Mereka sama sekali tak menyinggung soal penampilan fisik,” kata Tarca, dikutip Fox News.

Kamis, 22 Maret 2012, 15:55 WIB
• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s