12 Cara aneh namun ampuh meredakan stres

12 Cara aneh namun ampuh meredakan stres

Ilustrasi meniup balon. ©2012 Shutterstock/Aaron Amat

Lupakan yoga atau cara biasa lainnya untuk mengatasi stres Anda. Sebab ada langkah mudah, sederhana, hingga aneh namun ampuh meredakan stres yang bisa Anda coba. Seperti apa? Simak ulasannya sebagaimana yang dilansir dari US News (29/10) berikut ini.

Meniup balon


Tubuh perlu oksigen agar membuat Anda lebih tenang. Jadi segera ambil balon dan tiup dengan sekuat tenaga. Aktivitas ini secara tidak langsung akan memaksa Anda bernapas lebih pelan dan dalam sehingga membuat otot lebih rileks.

Tertawa


Anak kecil rata-rata tertawa 140 kali sehari, sementara orang dewasa melakukannya 12-14 kali saja. Padahal tertawa mampu meningkatkan produksi hormon endorphin yang membuat Anda lebih bahagia dan jauh dari stres.

Bahasa aneh


Abba gabba beee du jaaah. Tahu bahasa ini? Cuma ungkapan aneh yang tidak bermakna. Coba ciptakan bahasa aneh untuk berkomunikasi dengan teman. Saat berbicara, Anda akan terdengar lucu dan akhirnya tertawa bersama teman, stres pun hilang.

Main drum


Main drum membantu Anda meluapkan amarah dan menyingkirkan stres yang dialami. Sebab ketika bermain drum, Anda secara tidak langsung akan bersenang-senang dan menjauhkan diri dari stres.

Mendengar suara ibu


Sebuah penelitian membuktikan jika gadis kecil sedang stres, mendengar suara ibu akan membuat mereka lebih tenang. Jadi segera ajak ibu mengobrol saat Anda merasa stres.

Menjauhi berita


Matikan televisi, komputer, laptop, dan tutup dulu koran atau majalah yang Anda baca. Setidaknya menjauhi berita akan membuat pikiran Anda lebih tenang, rasa cemas menurun, dan merasa rileks selama beberapa saat.

Memanjat pohon


Cara aktif, menyenangkan, dan kekanak-kanakan ini juga patut dicoba. Sebab setelah memanjat pohon, Anda akan lebih bergembira dan melupakan stres yang dialami.

Memotong rumput


Bau rumput segar memberi pengaruh pada diri Anda. Selain lebih rileks, penelitian juga membuktikan memotong rumput akan menghambat produksi hormon stres pada otak.

Mengumpat


Boleh saja Anda mengumpat ketika sedang stres. Sebab ternyata mengumpat juga ampuh meredakan penat di dalam kepala. Namun ingat, jangan memaki dan mengumpat di depan orang lain. Bisa saja mereka tersinggung dan Anda justru malah mendapat masalah besar.

Senam wajah

Lakukan senam wajah sambil bercermin ketika sedang stres. Lihat betapa lucu dan konyolnya muka Anda. Sedetik kemudian Anda pasti tertawa dan melupakan stres yang dialami.

Bermain


Cara ala Spongebob yang meniup gelembung juga bisa Anda tiru untuk meredakan stres. Selain itu, Anda sebaiknya berjalan-jalan, bermain trampolin, atau melakukan aktivitas menyenangkan lainnya. Semua itu bisa mengalihkan perhatian Anda dan mengubah stres menjadi perasaan yang menyenangkan.

Perpustakaan aneh


Cara aneh namun ampuh terakhir untuk meredakan stres adalah menciptakan perpustakaan aneh. Di dalamnya, letakkan gambar, lirik, surat, foto, video, atau apapun yang berharga milik Anda. Setiap merasa stres, cukup pergi ke perpustakaan aneh dan hibur diri Anda dengan hal-hal berharga di dalamnya.

Itulah berbagai langkah aneh sekaligus ampuh untuk mengusir stres. Atau, Anda memiliki cara lain yang juga tidak biasa demi menyingkirkan stres?

Reporter : Rizqi Adnamazida

Selasa, 30 Oktober 2012 22:33:00

[riz]

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s