Daun Thyme Atasi Jerawat Membandel

Hanya cukup 5 menit untuk membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat

 

Mona Indriyani

 

Jerawat sering membuat wanita tak percaya diri
(dok. Corbis)

Munculnya jerawat secara tiba-tiba di wajah sering membuat kita tak percaya diri. Banyak pemacu tibulnya jerawat, seperti makanan tak sehat, polusi dan perkembangan homon.

Krim anti jerawat pun menjadi senjata ampuh. Akan tetapi, tak semua kulit cocok dengan pemakaiannya. Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Keberhasilan satu orang, tidak menandakan, bahwa yang lain juga akan berhasil dengan krim yang sama.

Bahkan, pemakaian yang berlebih juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Kulit menjadi merah, kering bahkan hingga mengelupas. Hal ini sering terjadi pada orang berkulit sensitif. Alergi terhadap bahan kimia, dan hanya terbiasa dengan menggunakan bahan herbal.

Para ilmuwan di Society for General Microbiology‘s Spring Conference, Dubin mengemukakan bahwa daun thyme dapat dijadikan sebagai obat penumpas jerawat yang baik dibandingkan obat krim jerawat.

Tim peneliti di Leeds Metropolitan University juga menguji daun thyme pada Propionibacterium acnes , bakteri yang dapat menyebabkan jerawat dengan menginfeksi pori-pori kulit, sehingga timbul bintik-bintik berwarna putih.

Faktanya adalah daun thyme memang terbukti mampu membunuh bakteri selama 5 menit. Mereka juga mengatakan thyme memiliki antibakteri yang lebih besar dari konsentrasi peroksida benzoil, yang merupakan bahan aktif dalam krim jerawat.

” Untuk mengeluarkan zat aktifnya, daun thyme direndam dalam alkohol selama berhari-hari bahkan mingguan” jelas Dr Margaritha Gomez.

Pengobatan alami sangat cocok digunakan untuk kulit sensitif. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit. (eh)

Rabu, 28 Maret 2012, 11:43 WIB

• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s