Mengapa Wanita Tak Pandai Simpan Rahasia?

Wanita dengan rahasia besar akan memiliki beban emosional yang besar juga

Mona Indriyani, Febry Abbdinnah

Wanita tak pandai untuk menyimpan rahasia.
(http://www.pelangidelapan.com)

Wanita memang terkenal buruk dalam menjaga rahasia. Bahkan, mereka juga dapat mengkhianati kepercayaan temannya dalam hitungan menit.

Sebuah studi terbaru menyoroti bagaimana rasanya menyimpan rahasia terbesar seseorang, bisa jadi pembenaran kebutuhan untuk membocorkan informasi tersebut dalam waktu yang sangat cepat.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Tufts, mereka yang menyimpan rahasia besar memiliki beban emosional yang sebenarnya membebani mereka secara fisik. Bahkan, mereka yang mengetahui sebuah kebenaran yang dirahasiakan akan menjalani tugas-tugas pekerjaan lebih berat dibandingkan mereka yang tidak mengetahuinya.

Dituliskan dalam laporan penelitiannya, bahwa bahasa yang digunakan untuk menjelaskan sebuah rahasia menunjukkan rahasia dianggap sebagai beban fisik. Bahkan, saraf motor yang terkait dengan beban fisik akan aktif saat mereka menyimpan rahasia.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mencatat kesehatan fisik responden. Selain itu, peneliti juga meminta mereka untuk mengingat rahasia hidup, rahasia yang tidak terlalu signifikan, dan rahasia pribadi seseorang.

Sekelompok wanita tersebut dibagi dua sesuai dengan jenis rahasia yang mereka simpan. Untuk mengetahui apakah beban rahasia mereka memiliki pengaruh terhadap fisik, mereka pun diminta untuk mengukur tingkat kecuraman dan jarak sebuah bukit yang sama.

Hasilnya, mereka yang menyimpan rahasia besar melihat kecuraman dan jarak sebuah bukit lebih tinggi dan jauh dibandingkan mereka yang tidak. Artinya, hal ini menunjukkan, bahwa rahasia yang besar bermanifestasi secara fisik.

Selain itu, mereka yang menyimpan sebuah rahasia yang menyangkut sebuah kebenaran, seperti perselingkuhan, akan melihat tugas sehari-hari menjadi lebih berat.

Seperti dilansir dari Daily Mail, penelitian ini menyimpulkan, bahwa semakin berat rahasia yang disimpan dan semakin sering memikirkan rahasia tersebut, semakin banyak persepsi dan aktivitas fisik yang dipengaruhi olehnya.

Karenanya, tak heran kalau banyak wanita yang tidak kuat untuk membocorkan rahasia seseorang. Bahkan, dalam sebuah survei yang dilakukan oleh sebuah produk kecantikan, terhitung wanita dapat membocorkan rahasia hanya dalam waktu 32 menit setelah mendengarkan rahasia tersebut.

Rabu, 28 Maret 2012, 05:04 WIB• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s