6 Pengobatan Alternatif yang Saat Ini Paling Digandrungi

Merry Wahyuningsih

img
(Foto: thinkstock)

1. Akupunktur

Akupunktur merupakan pengobatan alternatif dari negara China dengan cara menyisipkan atau menusukkan jarum ke tubuh. Akupunktur terbukti ilmiah untuk mengobati rasa nyeri dan mual setelah operasi. Meskipun untuk rasa sakit, beberapa orang masih menganggapnya sebagai efek plasebo atau sugesti saja.
Saat ini, akupunktur telah ‘diekspor’ ke berbagai negara di seluruh dunia. Di negara-negara Eropa seperti Inggris, hampir setengah praktisi medis mengikuti pelatihan akupunktur untuk dapat mempraktikkan keahlian ini dalam menangani pasien.

Merry Wahyuningsih

 

img
(dok. detikHealth)
2. Bekam
Sebagai terapi alternatif, praktik bekam atau dalam bahasa Arab disebut hijamah makin banyak diminati. Teknik pengambilan darah kotor ini bisa mengatasi berbagai gangguan kesehatan, terutama kolesterol dan darah tinggi.
Bekam dibedakan menjadi bekam kering dan bekam basah. Pada bekam basah, darah kotor dikeluarkan dari pembuluh arteri. Karena ada bagian yang disayat, maka harus dilakukan oleh orang yang terlatih. Sedangkan bekam kering hanya berupa penyedotan untuk mengatasi keluhan ringan seperti masuk angin, dapat dilakukan oleh siapa saja.

Merry Wahyuningsih

 

img
(dok. ihuahin)

3. Ceragem

 

Terapi Ceragem adalah terapi yang menggunakan batu giok Korea dengan teknologi infra merah. Pancaran sinar infra merahnya bisa menembus dalam tubuh hingga 14 cm di titik-titik tertentu sehingga badan terasa hangat.Batu giok yang sudah panas nantinya akan berpindah ke bagian tubuh lain yang belum panas. Inilah yang membuat peredaran darah pasien menjadi lancar. Pasien jadi lebih nyenyak tidur sehingga punya kualitas tidur yang lebih bagus.

Merry Wahyuningsih

img
(Foto: thinkstock)

4. Gurah

Gurah adalah cara pengobatan tradisional untuk mengeluarkan lendir dari dalam tubuh dengan menggunakan ramuan herbal. Dalam tradisi warga Imogiri, DIY, gurah dilakukan dengan meneteskan ekstrak daun Srigunggu (Clerodendron Serratum) ke mulut atau lubang hidung, yang dilakukan para sinden untuk menjaga kualitas suara.Dalam perkembangannya, herbal yang digunakan tidak melulu daun Srigunggu. Beberapa terapis menggunakan jenis dedaunan lainnya, bahkan bumbu-bumbu dapur seperti cabe dan kunyit.
Merry Wahyuningsih
img
(Foto: thinkstock)

5. Hipnoterapi

Hipnotis umumnya digunakan untuk tujuan kuratif, terutama dalam kasus kecanduan, dimana seseorang tidak dapat berhenti bahkan setelah mencoba berbagai metode.Selain itu ada juga manfaat lain, seperti hipnotis berat badan, menyembuhkan masalah memori, insomnia, kesedihan, gangguan obsesi kompulsif, gagap, kepercayaan diri, rasa malu, proses persalinan, masalah kulit, berbicara didepan umum, kecemasan, rasa sakit, gangguan kebiasaan, dan lainnya. Hipnotis seperti ini dikenal dengan hipnoterapi.

Merry Wahyuningsih

img
(Foto: thinkstock)

6. Homeopati

Homeopati adalah bentuk pengobatan alternatif di mana praktisi kesehatan akan mengobati pasien dengan menggunakan prinsip penyakit dapat disembuhkan dengan bahan alami yang mungkin jadi penyebabnya.Obat homeopati diklaim bekerja bersama dengan sistem kekebalan tubuh dan mempertahankan diri dari serangan penyakit. Artinya homeopati dapat merangsang meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, mempercepat penyembuhan dan mencegah komplikasi tanpa efek samping.

Mar 6, ’12 7:33 AM

(mer/ir )

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s