Salak, yang bersisik penuh manfaat

Hampir semua orang tahu dan sudah mencicipi buah yang satu ini. Dialah salak, buah yang dengan mudah dapat kita temui di berbagai tempat di Indonesia. Meski nampak menyeramkan karena bentuk buahnya yang unik dan kulitnya bersisik, namun daging buahnya dapat dimakan serta memiliki rasa yang manis dan masam, meski sebagian ada yang terasa sepat. Konon karena sisik pada kulit salak inilah dalam bahasa Inggris salak disebut “snake fruit”, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca Zalacca atau S. Edulis. Meski asal-usul buah ini belum diketahui secara pasti, namun salak sudah sejak lama tumbuh secara liar di beberapa wilayah di indonesia terutama di pulau Jawa dan Sumatera. Selain ditanam untuk dimanfaatkan buahnya atau dijual kembali,ternyata salak memiliki beberapa khasiat. Apa saja itu? Berikut ini beberapa kebaikan yang bisa kita dapatkan dari salak:

1. Kaya Vitamin C

Hampir di setiap tempat penjual buah (terutama di Pulau Jawa) kita dapat menemukan Salak dengan mudah. Untuk saat ini kisaran harganya bervariasi, mulai dari Rp. 6.000 sampai dengan Rp. 15.000 per kilogramnya. Sebagian besar orang di indonesia (mungkin termasuk anda) suka memakannya. Namun tahukah Anda, buah salak yang kita makan ternyata mengandung vitamin C dalam bentuk asam askorbat. Di samping terdapat kandungan karbohidrat, Fosfor, besi, kaslium dan protein, ada pula kandungan flavonoid dan senyawa phenolic di dalamnya. Nah, kalau khasiatnya pasti Anda sudah tahu, Vitamin C dapat membantu sistem kekebalan tubuh kita.

2. Mengandung Antioksidan

Dalam sebuah penelitian sekala kecil yang pernah dilakukan terhadap pohon salak, menunjukkan bahwa pohon golongan arcacea atau palm ini memiliki antioksidan. Tentu saja dengan adanya antioksidan ini mampu membantu tubuh kita untuk menangkal radikal bebas yang berpotensi menggerogoti kesehatan dan menimbulkan penuaan dini.

3. Mengobati Diare dan Gangguan Pencernaan

Salah satu mafaat yang terkenal dari buah salak adalah dapat mengobati penyakit, terutama untuk menghentikan diare. Caranya sangat mudah, cukup makan buah ini secara langsung (jangan lupa mengupas kulitnya terlebih dahulu). Atau bisa juga dibuat jus yang dicampur dengan madu. Selain mengatasi diare, buah salak juga bermanfaat mengatasi gangguan pencernaan khususnya terkait dengan lambung.

4. Mengobati Wasir

Waw, ternyata tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat. Ternyata daun pohon salak dapat digunakan sebagai obat. Konon daun salak dapat mengobati wasir atau hemorrhoids. Caranya mudah sekali, cukup ambil tiga lembar daunnya, cuci sampai bersih lalu rebus dengan segelas air. Air hasil rebusan ini ditambahkan madu ke dalamnya dan diminum sebanyak tiga kali sehari.

Semoga bermanfaat.

Asal berbagai sumber.

 

Sumber gambar: stolidity.blogspot.com

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s