Trik Tidur Nyenyak Walau Sedang Pilek

Vera Farah Bararah

 


(Foto: thinkstock)

 

Jakarta, Saat sedang mengalami batuk pilek seseorang kadang tidak dapat memeperoleh waktu istirahat dan tidur yang nyenyak. Akan tetapi ada beberapa hal yang dapat  dilakukan agar bisa istirahat dengan nyaman saat pilek.Umumnya orang dewasa akan mengalami pilek sekitar 2-5 kali dalam setahun, sedangkan anak-anak dapat 5-10 kali dalam setahun. Sebagian besar orang akan lebih rentantertular ketika musim dingin karena adanya penurunan suhu di sekitar serta kekebalan tubuh yang berkurang.Berikut ini langkah-langkah mudah yang dapat dilakukan agar dapat beristirahat dengan nyaman saat pilek, seperti dikutip dari WebMD, Selasa (13/3/2012) yaitu:

1. Menggunakan humidifier agar lebih mudah bernapas

Humidifier yang digunakan akan melepaskan kelembaban ke udara, dan uap yang muncul ini dapat  melonggarkan hidung mampet dan melembabkannya. Selain membantu orang bernapas lebih mudah, udara lembab, juga menenangkan jaringan di hidung dan tenggorokan serta menghilangkan rasa sakit radang tenggorokan. Akan tetapi pastikan untuk membersihkan humudifier secara teratur.

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi dengan menggunakan air hangat dapat membuat napas terasa lebih nyaman. Selain itu dapat  juga dengan membungkuk di atas bak berisi air panas atau meletakkan kompres hangat di daerah sinus.

3. Pilihlah obat secara bijak

Obat batuk pilek biasanya mengandung bahan lain untuk mengobati gejala seperti hidung mampet, pilek, batuk, demam dan nyeri. Akan tetapi bijaklah dalam memilih obat, karena beberapa bahan tertentu dapat membuat orang tetap terjaga, tapi di sisi lain beberapa antihistamin dapat membuat orang mengantuk.

4. Menenangkan sakit tenggorokan

Berkumur dengan air garam hangat sebelum tidur dapat menenangkan nyeri tenggorokan. Akan tetapi jika sakit tenggorokan yang dialami parah dan disertai demam tinggi, sebaiknya hubungi dokter karena dikhawatirkan akibat infeksi tenggorokan.

5. Menggosokkan balsam untuk atasi batuk

Menggosokkan balsam di dada dan tenggorokan dapat membantu meringankan batuk yang berhubungan dengan flu. Uap yang muncul dari balsam akan menenangkan batuk dan mengurangi kemampatan. Akan tetapi sebaiknya jangan dimakan atau dimasukkan ke dalam hidung.

6. Meninggikan kepala saat tidur

Meningkatkan posisi kepala saat tidur dapat membantu seseorang lebih mudah bernapas. Akan tetapi sebaiknya jangan menumpuk banyak bantal karena membuat lengkungan leher sakit dan membuat sulit bernapas, melainkan dengan membentuk lereng yang lembut atau secara bertahap berundak.

7. Tidurlah sesuai jadwal

Pilek dapat mengganggu jadwal tidur seseorang, tapi sebaiknya tetap bangun dan tidur pada waktu yang sama seperti biasa. Hal ini karena jika seseorang kurang tidur akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang membuatnya sulit melawan penyakit yang dideritanya.

(ver/ir)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s