7 Alarm Kuku Ini Bicara Tentang kesehatan

Kuku buruk rupa bukan sinyal harus ke salon, tapi juga ke dokter

 

Mona Indriyani

 

Kuku cerminkan kesehatan sejak dini. (istockphoto)

Kuku selama ini banyak dibicarakan untuk kerapian dan fashion. Memakai kutek, manicure dan pedicure pun telah menjadi aktivitas keseharian. Namun, saat Anda pergi ke salon atau sedang melakukan perawatan kuku, sebaiknya Anda perhatikan kualitas kuku. Pasalnya, bentuk dan warna kuku menjadi alarm kesehatan, seperti yang dilansir Prevention.com.


1. Lemah, rapuh dan memisahkan

Di saat Anda menemukan kuku mudah untuk dipatahkan dan ditekuk, sebaiknya Anda hentikan perawatan kuku sejenak. Kuku rapuh diiringi perjalanan usia yang sudah tidak muda lagi. Kondisi ini juga dapat dipicu karena manicure yang keras atau kuku akrilik.

2. Kuku kuning

Kuku kuning dapat disebabkan karena jamur kuku atau noda rokok. Namun, jika warna kuning terus melekat dan sulit dihilangkan, tandanya Anda mengalami infeksi jamur. Hampir 50 persen perubahan warna kuku disebabkan oleh jamur. Di saat Anda berada dalam situasi ini, sebaiknya Anda langsung pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.


3. Kuku cekung

Kuku berbentuk cekung juga banyak disebut dengan kuku sendok. “Kuku sendok menandakan defisiensi zat besi” jelas Kyle Coleman, MD Bedah Westlake Dermatologi dan Kosmetik.

Saat Anda memiliki kuku sendok, suplai darah tidak dapat mencapai ke bagian tengah kuku. Inilah yang membuat kuku membuat cekungan di bagian tengah. Dalam beberapa kasus, kuku sendok menjadi sinyal penyakit jantung dan kelenjar tiroid.


4. Garis horizontal

Usai perawatan, kuku akan terasa halus di bagian permukaannya. Namun, jika Anda mendapatkannya tanpa perawatan sebaiknya Anda jangan senang dulu. Garis halus kuku menjadi tanda penyakit serius, seperti diabetes, demam dan gangguan peredaran darah.


5. Bintik-bintik

Apabila Anda menemukan kuku dengan bintik putih bergaris, seperti tetesan lilin, ini tandanya Anda mengalami perubahan hormonal. Dalam kondisi ini, salon kuku bukanlah solusi untuk membuat kuku sempurna. Pergi ke dokter adalah pilihan yang tepat, untuk diagnosis lebih mendalam.

Rabu, 9 Januari 2013, 11:22 WIB

• VIVAlife

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s