Serangan Flu Itik Bentuk Aksi Bioterorisme?

Pemerintah bentuk tim pengkaji yang berasal dari BIN dan Kemenkes

 Ita Lismawati F. Malau, Suryanta Bakti Susila

Sejumlah itik mati diduga karena terserang flu burung yang bermutasi

Sejumlah itik mati diduga karena terserang flu burung yang bermutasi
(ANTARA)

Pemerintah mengkaji dugaan bioterorisme dalam penyebaran flu itik atau virus H5N1 clade 2.3.2. Saat ini, flu burung yang bermutasi tersebut sudah menyerang ribuan itik di berbagai tempat di Tanah Air.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan sudah membentuk tim pengkaji wacana tersebut. Tim ini berasal dari Badan Intelijen Negara dan Kementerian Kesehatan. “Tim ini dibentuk sejak dugaan itu merebak. Mereka mulai bekerja,” kata Djoko kepada wartawan, Kamis 10 Januari 2013.

Namun, Djoko mengingatkan, bahwa wacana bioterorisme itu masih dugaan. “Kita kan belum tahu itu benar apa enggak. Itu bioterorisme atau apa. Tapi aksi teror yang sekarang belum sampai ke situ. Bahwa ada wacana seperti itu, kan perlu diwaspadai juga,” kata Djoko.

Sejauh ini, kata dia, pemerintah belum mendapat masukan apapun dari tim pengkaji. Masukan ini penting untuk mengambil langkah lebih lanjut terkait flu itik tersebut.

Sementara itu, Kepala BIN Letjen Marciano Norman mengatakan anak buahnya terus mengikuti perkembangan penanganan kasus flu burung oleh kementerian terkait. “Tapi sampai saat ini belum ada indikasi, bahwa itu menuju bioterorisme,” kata Marciano di Kantor Presiden, Jakarta.

Sampai saat ini pihaknya belum mengambil kesimpulan. “Tapi saya minta kementerian terkait melakukan pendalaman, karena harus betul-betul secara mendalam. Kita harus yakin betul baru bisa,” katanya.

Bentuk perang di masa depan, kata Marciano, tak mustahil akan mengambil bentuk aksi serangan bioterorisme. “Kalau Indonesia sih belum mengarah ke sana,” ujar dia.

Kamis, 10 Januari 2013, 21:42
© VIVA.co.id

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s