Bahaya Penyakit “Angin Duduk”

 

Mungkin bagi sebagian orang banyak yang belum mengetahui penyakit “angin duduk“. Angin duduk mungkin merupakan penyakit mengerikan bagi sebagian orang, karena penyakit ini bisa menyebabkan orang meninggal mendadak.Pengalaman saya selama melihat orang yang terserang angin duduk memang sangat mengerikan. Beberapa hari yang lalu salah satu warga yang tinggal di dekat rumah saya meninggal mendadak. Menurut para tetangganya, satu jam sebelum meninggal ia sempat memasak dan berbelanja di warung. Namun, selisih satu jam tiba-tiba warga dikejutkan dengan kabar meninggalnya orang tersebut.Penyakit angin duduk mungkin bahayanya sama dengan serangan Jantung. Biasanya penderita mengalami sesak nafas, nyeri di bagian ulu hati, nyeri di tengah-tengah dada. Penyakit ini sebenarnya gejala awalnya sama seperti orang terkena masuk angin seperti biasanya. Namun, kalau orang yang terkena angin duduk dapat terlihat dari raut mukanya yang pucat.

Bagi para pekerja yang menghabiskan banyak waktu dan berjam-jam duduk bekerja di kantor juga berisiko terkena angin duduk.

Angin duduk ini bukan sekedar penyakit masuk angin berat, tetapi identik dengan Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut.

 


Menurut Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI Prof DR dr Teguh Santoso. SpPD “jika anda merasa nyeri dada yang teramat sakit tidak seperti biasanya, dan sesak nafas, segeralah anda memeriksakan diri ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penanganan Gawat Darurat Jantung. Ingat!!!, orang yang terkena Serangan Jantung Koroner Akut atau angin duduk hanya dalam 15 menit sampai 30 menit orang tersebut dapat meninggal mendadak”.Kita semua diminta waspada terhadap penyakit yang satu ini. jangan sekali-sekali salah mengambil sikap. jangan di anggap remeh penyakit ini. Penyakit ini bukan masuk angin biasa, karena banyak orang yang mengaggap angin duduk sebagai masuk angin biasa, dan mereka mengguanakan cara tradisional yaitu dengan cara “kerokan”. Kerokan bagi penderita angin duduk juga tidak boleh sembarangan dilakukan. Oleh karena salah satu warga didekat rumah saya (penulis) pernah meninggal ketika sedang kerokan. Buang angin (buang gas) lalu meninggal. itu bahayanya angin duduk yang dikerok. Ada beberapa cara meng”erok” orang yang terkena angin duduk.Untuk mencegah penyakit ini, cobalah anda olah raga, jangan terlalu banyak duduk, berjalan atau jogging, berenang, banyak meminum air putih, istirahat atau tidur cukup, jangan terlalau banyak begadang. Intinya terapkan pola hidup sehat.

Feb 27, ’12 11:00 PM

oleh di Senin, Februari 27, 2012

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s