Tall Ships of The World: Kapal-Kapal Layar Super dari Berbagai Negara

16 01 2011

Kapal layar, mungkin hanya ada di kisah-kisah bajak laut abad pertengahan, atau di zaman nenek moyang kita dijajah Belanda. Namun di zaman serba teknologi, serba mesin, dan serba elektronik ini, ternyata kapal-kapal “kuno” ini masih eksis sampai sekarang! Biasanya kapal-kapal tersebut dijadikan kapal latih bagi kadet angkatan laut dari berbagai negara. Kadang-kadang kapal-kapal ini juga berpartisipasi di lomba layar internasional.

Meskipun modelnya terlihat kuno, kapal-kapal tersebut tidak kuno-kuno amat, dengan kata lain meskipun sistem penggeraknya masih kuno, teknologi terbarukan pun tetap diterapkan. Misalnya ada tambahan mesin penggerak, sarana komunikasi dan navigasi elektronik, elemen interior, hingga perangkat keselamatan. Sehingga, tampilan boleh kuno, tetapi nggak kalah modern. Malah gagah dan artistik.  Check it out!

1. Mir-Russia

 

Kapal ini panjangnya lebih dari 100 meter dan tinggi lebih dari 50 meter!

 

2. Kaiwo Maru-Japan

 

Kapal ini dibuat di Kobe, Jepang. Kapal ini merupakan salah satu kapal latih terbesar di dunia

 

3. Amerigo Vespucci-Italia

 

Apa yang menjadi ciri khas kapal ini? Yaitu dua garis strip putih di lambung tempat jendela-jendela kapal, seperti lubang meriam kapal perang abad ke-17.

 

4. Juan Sebastian De Elcano-Spain

 

Kapal ini sekilas mirip pinisi raksasa dengan 4 tiang. Kapal ini adalah kapal tipe schooner terbesar di dunia dengan panjang lebih dari 100 meter!

 

5. Kruzenshtern-Russia

 

Ciri khas kapal ini adalah corak garis putih yang berbentuk seperti tembok benteng, mengesankan kapal yang kokoh.

 

6. Dar Mlodziezy-Polandia

 

Kapal ini dibuat di galangan yang sama dengan Mir. Ukurannya pun tidak jauh-jauh amat. Pada Tall Ship Race 2010 lalu di Yunani, KRI Dewaruci dikalahkan oleh kapal ini.

 

7. Mircea-Rumania

 

Kapal ini kelihatannya standar sekali, tetapi tetap saja gagah.

 

8. Gorch Fock-Jerman

 

Mirip sekali dengan Mircea? Iya lah, keduanya sama-sama dibuat di Jerman. Bahkan sebenarnya kapal ini kembar lima. Dua lainnya dipakai Amerika Serikat dan Portugal. Satunya lagi adalah versi lama dari Gorch Fock milik Jerman.

 

By the way, kapal dalam posisi berjalan miring seperti itu biasa buat kapal-kapal layar.

9. Sagres-Portugal

Masih kembarannya Gorch Fock dan Mircea.

 

10. Stad Amsterdam-Belanda

Pertama kali melihat desainnya, hmm jadi ingat kompeni. Hahaha. Panjangnya hanya 60 meter, tetapi tingginya mencapai 46 meter. Konon kapal ini adalah salah satu kapal layar tercepat. Mampu melaju hingga 17 knot. Bandingkan dengan KRI Dewaruci yang hanya 10 knot.

 

11. KRI Dewaruci-Indonesia

Di setiap gelaran even-even bahari tingkat internasional, kapal ini selalu menjadi favorit dan selalu mendapatkan penghargaan. Buat orang barat, ingat Dewaruci pasti ingat Indonesia. Ada tiga kapal sejenis yang dibuat tahun 1952 di Jerman. Namun yang bertahan hingga kini hanya Dewaruci dengan berbagai pengalamannya mengelilingi dunia. Prestasi yang luar biasa bagi kapal berukuran 58 meter ini.

 

 

Dan masih banyak kapal-kapal lainnya. Cuma karena waktu saya sedikit ya saya kasih sebagian aja ya. Hehehe

Bagaimana kalau kapal-kapal tersebut berkumpul untuk menghadiri suatu event maritim? Seperti ini nih jadinya:

 

 

 

Setiap tahunnya kapal-kapal tersebut mengikuti beragam event-event maritim. Salah satu event yang paling bergengsi adalah Tall Ship Race, semacam MotoGP-nya kapal layar. Acara ini berskala internasional dengan melibatkan banyak negara karena rutenya sendiri luar biasa jauh seperti dari Eropa, Samudra Atlantik, AS, Kanada, dan kembali lagi ke Eropa! Luar biasa!

16 01 2011

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s