Singa Afrika Barat di Ambang Kepunahan

Populasi singa diperkirakan tersisa 645 ekor di Afrika

 

Denny Armandhanu

 

Singa Afrika Barat

Singa Afrika Barat (predatoraware.wildlifedirect.org)

Populasi singa Afrika Barat dilaporkan tinggal menunggu kepunahan. Jumlah spesies ini semakin menurun diduga akibat perburuan dan semakin sempitnya habitat mereka.

Menurut para ahli konservasi, populasi singa dengan nama latin Panthera leo senegalensis ini diperkirakan tersisa hanya 645 ekor di Afrika bagian Barat dan Tengah.

Dari jumlah tersebut sedikitnya 34 singa yang tersisa ada di Nigeria. Sementara kelompok singa lainnya tersebar di Burkina Faso, Republik Niger, Republik Afrika Tengah, Kamerun dan Chad. Singa ini sudah punah di negara-negara seperti Ghana, Pantai Gading dan Togo.

Padahal tiga puluh tahun lalu populasi singa masih 200.000 ekor berkeliaran liar di seluruh benua. Sekarang populasi tinggal antara 15.000 sampai 32.000 ekor singa dari berbagai spesies.

Selain sebaran populasi sangat terbatas. Singa Afrika Barat terancam oleh kehilangan habitat, kehilangan mangsa alami akibat perburuan liar dan konflik manusia.

Ancaman juga termasuk kebutuhan tulang singa yang digunakan untuk memasok kebutuhan obat tradisional Asia karena tulang harimau lebih langka.

Para ahli dari kelompok konservasi LionAid mengatakan singa Afrika Barat diacuhkan oleh pemerintah setempat. “Singa ini telah diabaikan untuk waktu yang sangat lama dan tidak memiliki program perlindungan yang memadai,” kata Dewan pengawas LionAid, Dr Pieter Kat seperti dilansir Dailymail, 9 Januari 2013.

Kamis, 10 Januari 2013, 06:40
© VIVA.co.id

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s