Segudang Manfaat Buah Sirsak

 https://perkasamandiri2.files.wordpress.com/2013/01/f808wtsldu.jpg?w=300

 

Apakah anda mengenal buah sirsak? Buah satu ini banyak sekali manfaatnya bagi manusia. Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Buahnya sering digunakan untuk jus dan dapat juga langsung di makan. Rasanya yang khas, manis – manis asem, anda pasti suka. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat sekarang daunnya juga digunakan orang untuk pengobatan kanker.


Sirsak (Anona muricata Linn) adalah kerabat dekat srikaya (Anona squamosa Linn). Tanaman ini dari daerah tropis Amerika, yaitu sekitar Peru, Meksiko, dan Argentina.  Kata sirsak berasal dari bahasa Belanda, zuurzak. Zuur berarti asam, dan zak berarti kantong. Jadi, secara harfiah zuurzak dapat diartikan sebagai kantong yang rasanya asam. Di Malaysia, sirsak disebut durian belanda (Dutch durian). Sedangkan di Indonesia biasa disebut nangka belanda, nangka landa, atau nangka seberang.  Dalam bahasa Inggris, buah sirsak dikenal dengan istilah soursop karena rasanya yang manis keasaman.

Sirsak memiliki kandungan zat gizi (nutrisi) yang sangat banyak, di antaranya karbohidrat, fruktosa, berbagai macam vitamin dan asam askorbat. Jadi jangan heran, jika manfaat buah ini dalam kesehatan sangatlah besar. Hmm..akan lebih mudah jika saya langsung saja membeberkan segudang manfaat buah sirsak. Seperti di bawah ini:

  • Buah sirsak memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Sangat baik untuk membentuk tulang yang kuat dan untuk mencegah osteoporosis.
  • Buat penderita asam urat, sebaiknya meminum jus sirsak dua gelas sehari.
  • Dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat penuaan. Konsumsilah buah sirsak setiap hari,di dalam sirsak terdapat 13 % kebutuhan serat pangan yang dibutuhkan tubuh, ini karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.
  • Dapat melumpuhkan sel kanker. Daun sirsak mengandung zat annonaceuos actogenins yang dapat membunuh kanker usus,prostat,payudara, paru – paru dan pancreas tanpa merusak sel yang sehat. Caranya anda rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air, biarkan air tinggal satu gelas,diminum setiap pagi dan sore hari.
  • Kandungan fruktosanya dapat membuat anda tetap segar, dan dapat  mengalirkan energi. Ini karena fruktosa adalah gula sederhana (monosakarida) yang banyak terdapat dalam buah. Ini dapat jadi sumber karbohidrat alami yang baik untuk tubuh.
  • Dapat mengobati bisul. Gunakan daun sirsak yang masih muda,tumbuk sampai halus ,kemudian letakkan ditempat yang terkena bisul.


Hmm… jadi ingin menikmati segelas besar jus sirsak dingin nih. Enak, segar dan kaya manfaat pula.

Nov 11, ’11 4:18 PM

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s