10 Tren Konsumen Teknologi 2013 (2)

Riset ini melibatkan lebih dari 100 ribu responden dari 40 negara

 

Muhammad Chandrataruna, Amal Nur Ngazis

 

Mobile browsing

Mobile browsing (Textually)

Mengawali tahun 2013, Ericsson merilis tren konsumen terkini dalam masyarakat terkoneksi. Melalui riset yang dijalankan Consumer Lab, Ericsson memaparkan 10 tren yang akan menghiasi tahun ini.

Salah satu yang menarik, yaitu teknologi Cloud yang diprediksi semakin penting seiring bertumbuhnya perangkat komputer dan mobile yang saling terkoneksi.

Riset ini melibatkan jumlah responden, lebih dari 100 ribu yang tersebar di 40 negara, meliputi 15 kota-kota besar.

Berikut tren yang dilansir Ericsson (lanjutan):

6. Perempuan sebagai pendorong pasar smartphone

Fakta baru yang menunjukkan, bahwa kaum hawa telah mendorong pasar dalam mengadopsi smartphone secara masif.

Tidak kurang dari 97 persen pengguna smartphone perempuan menggunakan SMS, 77 persen lainnya untuk mengirim dan menerima foto, 59 persen untuk berjejaring sosial, 24 persen untuk check-in lokasi, dan 17 persen untuk menukarkan kupon.

7. Kota menjadi penghubung kreativitas sosial

Masyarakat di kota besar secara signifikan memiliki teman yang dikenal via media online dibandingkan masyarakat yang bertempat tinggal di pinggiran.

Sekitar 44 persen pengguna memanfaatkan jejaring sosial agar terhubung dengan keluarga dan teman-teman, 25 persen agar tetap up to date dengan keluarga dan teman-teman, dan 12 persen untuk alasan koneksi dan berbagi ide.

8. Online shopping

Sebanyak 32 persen dari pengguna smartphone telah berbelanja melalui smartphone mereka. Tak hanya di Internet, pengguna juga melakukan kombinasi belanja online dan offline.

9. TV sebagai sarana sosial

Kurang lebih 62 persen responden menggunakan forum sosial saat menonton video maupun televisi. Sementara 42 persen dari mereka memanfaatkan forum sosial atau berdiskusi sambil menonton, serta mendiskusikan hal-hal yang ditonton di televisi setiap minggunya.

10. Proses pembelajaran

Konektivitas mengubah prospek untuk cara pembelajaran anak-anak. Di India, sekitar 30 juta dari 69 juta anak-anak perkotaan berusia 9 sampai 18 tahun memiliki ponsel pribadi. (eh)

Kamis, 17 Januari 2013, 06:11
© VIVA.co.id

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s