Survei: 87% Anggap Perlu Cek Kesehatan Sebelum Nikah, 11% Tak Perlu

 

AN Uyung Pramudiarja

 

Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Tidak semua orang menganggap penting tes kesehatan sebelum menikah alias premarital medical check up. Beberapa orang menganggapnya tidak penting karena lebih baik menerima calon pasangan apa adanya. Bagaimana menurut pembaca detikHealth?

Survei kecil-kecilan yang dilakukan detikHealth menunjukkan, bahwa sebagian besar pembaca, yakni 87 persen menganggap premarital check up penting untuk dilakukan. Hanya 11 persen yang menganggap tidak perlu, sementara 2 persen sisanya tidak tahu.

Alasan pembaca menilai perlu melakukan premarital check up antara lain untuk mendeteksi adanya penyakit yang bisa menular ke pasangan atau, bahkan keturunannya. Apabila sudah terdeteksi, maka akan lebih mudah untuk dicegah ataupun justru disembuhkan.

“Penting, untuk mendeteksi penyakit di kedua pasangan, gak lucu dong kalo anak kena penyakit menular ortunya,” komentar Iqbal, salah seorang pembaca detikHealth lewat akun twitternya @Jsyfl1113, seperti ditulis Rabu (15/1/2013).

Pemeriksaan kesehatan sebelum menikah yang dianggap penting oleh para pembaca detikHealth antara lain TORCH. Termasuk di dalamnya adalah infeksi Toxoplasmosis, Other (syphilis), Rubella, Cytomegalovirus (CMV), dan Herpes simplex virus (HSV).

Sebagian pembaca yang menganggap premarital check up tidak perlu dilakukan juga memiliki alasan tersendiri. Kebanyakan lebih memilih untuk menerima pasangan apa adanya, termasuk gangguan dan berbagai keterbatasan yang menyangkut kesehatannya.

“Perlu ga perlu.. Jaga perasaan pasangan & keluarga.. Namun komitmen ‘menerima apa adanya’ bukan ada apanya,” tulis Windi, salah seorang pembaca detikHealth, yang sepertinya lebih mementingkan perasaan calon pasangan dan keluarganya dibanding risiko bila tidak melakukan check up.

Sementara itu, sebagian kecil pembaca detikHealth yang menyampaikan pendapatnya mengaku bimbang menilai perlu tidaknya pemeriksaan sebelum menikah. Umumnya merasa ada perlunya, tetapi untuk melaksanakannya butuh banyak pertimbangan termasuk untuk menjaga perasaan calong pasangan.

“Kl qt yakin calon qt sehat2 aja keknya ga prlu cek lg,” tulis salah seorang pembaca yang masih bimbang, Yulia.

Rabu, 16/01/2013 12:01 WIB

(up/vta)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s