Kelenjar Keringat Berperan Penting Sembuhkan Luka Kulit

Linda Mayasari

 

Foto: Ilustrasi/Thinkstock

Jakarta, Kelenjar keringat berfungsi memproduksi cairan tubuh yang digunakan untuk mengatur suhu tubuh, yang terkadang menimbulkan masalah bau badan jika produksi keringat terlalu berlebihan. Ternyata fungsi kelenjar keringat tidak hanya sebatas itu, bahkan berperan penting dalam penyembuhan luka pada kulit.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh peneliti dari University of Michigan Health System menyatakan, bahwa kelenjar keringat berkontribusi terhadap penyembuhan luka pada kulit seperti goresan, luka bakar, dan borok. Kelenjar keringat juga memainkan peran kunci dalam menyediakan sel untuk memulihkan kulit.

Luka pada kulit merupakan masalah kesehatan sederhana yang sering dihadapi oleh semua orang, tetapi pengobatan biasa tampaknya belum cukup ampuh menuntaskannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui rahasia penyembuhan yang benar-benar pas untuk kulit.

“Kami mengidentifikasi proses penutupan luka dengan mempelajari kelenjar keringat pada kulit,” kata ILaure Rittie, pemimpin penelitian dan seorang asisten profesor dermatologi di Michigan Medical School.

Sebelumnya para ahli percaya, bahwa penutupan luka pada kulit akibat sel-sel kulit baru yang berasal dari folikel rambut dan dari kulit utuh pada tepi luka. Penelitian ini menunjukkan, bahwa sel-sel baru tersebut ternyata muncul dari bawah luka.

Penelitian tersebut juga menunjukkan, bahwa kelenjar keringat manusia, juga menyimpan reservoir penting dari sel induk dewasa yang dapat direkrut dengan cepat untuk membantu penyembuhan luka.

“Hasil penelitian ini cukup mengejutkan karena sebelumnya belum ada penelitian yang mempelajari peran kelenjar keringat dalam perbaikan luka,” tambah Rittie. Penelitian ini dipublikasikan dalam American Journal of Pathology, seperti dikutip dari Health.India, Kamis (22/11/2012).

Kamis, 22/11/2012 12:24
(vit/vit)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s