Wow, Orang dengan Gen Tertentu Tak Perlu Deodoran Karena Tidak Punya Bau Badan

Vera Farah Bararah

 

Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Hampir semua orang butuh dedoran untuk mencegah timbulnya bau badan. Akan tetapi sebenarnya ada orang-orang tertentu yang tidak butuh dedoran karena ia tidak memproduksi bau badan di ketiak.

Studi baru menunjukkan beberapa perempuan bisa menghemat uangnya dengan tidak perlu membeli deodoran. Ini karena perempuan tersebut memiliki gen tertentu yang tidak menghasilkan bau badan di ketiak, sehingga penggunaan deodoran tidak diperlukan.

Para peneliti dari University of Bristol di Inggris mengungkapkan sebuah tes gen sederhana dapat  membantu orang-orang untuk menyadari apakah dirinya perlu deodoran atau tidak.

Hasil tes gen ini tidak hanya membuat seseorang bisa menghemat biaya pengeluarannya, tapi juga membantu orang-orang tersebut menghindari paparan bahan kimia yang sebenarnya tidak perlu.

Penelitian ini melibatkan hampir 6.500 perempuan yang lahir di tahun 1990-an dan orang tuanya. Ditemukan 2 persen ibu membawa versi langka dari gen ABCC11 dan tidak menghasilkan bau ketiak terkait keringat dan bakteri. Namun 78 persen dari orang-orang ini menggunakan deodoran secara teratur.

“Temuan penting dari studi ini berkaitan dengan orang-orang yang dengan gen tertentu tidak menghasilkan bau ketiak,” ujar penulis studi Ian Day, seperti dikutip dari HealthDay, Minggu(20 /1/2013).

Orang-orang yang membawa varian genetik langka ini lebih mungkin memiliki kotoran telinga kering dibanding orang lain, serta pada beberapa orang gen ABCC11 yang dimiliki mungkin tidak aktif.

Ian Day mengungkapkan harus disadari, bahwa orang-orang tertentu tidak menghasilkan bau badan dan tidak perlu menggunakan deodoran. Apabila mereka tetap menggunakan, maka orang-orang ini hanya mengikuti norma sosial budaya.

Studi yang dipublikasikan pada 17 Januari 2013 dalam Journal of Investigative Dermatology.

Minggu, 20/01/2013 14:07 WIB

(ver/vit)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s