Banyak Anak Dapat Kurangi Risiko Stroke

Ini hanya berlaku untuk wanita saja

 

Mutia Nugraheni

 

Penyakit jantung

Kabar baik bagi Anda yang memiliki empat anak atau lebih. Pasalnya, seorang wanita yang memiliki banyak anak, berisiko lebih kecil meninggal dunia karena stroke. Meskipun memiliki banyak anak diidentikkan dengan level stres tinggi, ternyata juga memiliki dampak positif bagi kesehatan wanita.

Ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan tim dari University of California, pada 1.300 wanita di California. Yaitu wanita yang memiliki empat anak atau lebih, risiko meninggal karena stroke, berkurang hingga 50 persen.

Hal ini, menurut peneliti, kemungkinan karena tingginya sirkulasi  hormon saat hamil. Dampaknya sangat positif bagi pembuluh darah. Lalu, keluarga yang memiliki banyak anak, cenderung saling mendukung dan cukup dekat satu sama lain, yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

“Wanita dalam penelitian, memiliki risiko kematian karena CVD (cardiovascular disease) yang lebih rendah, jika mereka hamil empat kali atau lebih,” kata Marni Jacoobs salah satu peneliti, dikutip dari Telegraph.co.uk.

Mekanisme sebab akibatnya secara detil, menurut Jacoobs, belum diketahui dengan jelas. Namun, kemungkinan karena kesuburan mmencerminkan seorang wanita memiliki tubuh yang sehat. Juga karena efek positif paparan sirkulasi hormon estrogen dan hormon lainnya selama kehamilan.

“Perubahan fisiologis seorang wanita karena kehamilan dapat menimbulkan efek abadi pada kesehatannya. Namun, terkait dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular secara signifikan, dibutuhkan penelitian lebih lanjut,” kata Profesor Donald Peebles, juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynaecologists.

Senin, 28 November 2011, 17:11 WIB

• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s