Bubuk Nikmat Pembangkit Suasana Hati

 Anda dapat mendapatkan empat keuntungan sekaligus dengan bubuk ini

 

Mutia Nugraheni

 

Bubuk Cokelat (inmagine.com)

Membangkitkan semangat, menyehatkan jantung sekaligus mempercantik kulit dapat Anda dapatkan sekaligus. Caranya sederhana, konsumsi saja bubuk cokelat.

Rasanya memang agak pahit, tetapi Anda dapat menjadikannya toping berbagai makanan manis. Menaburkannya di atas potongan buah-buahan segar, juga dapat Anda lakukan. Apabila anda mengonsumsi bubuk cokelat, empat keuntungan berikut akan Anda dapatkan.

Pembangkit mood


Tak hanya ‘menyenangkan’ lidah Anda, bubuk cokelat juga dapat membangkitkan perasaan. “Itu karena bubuk cokelat mengandung lebih dari 300 senyawa yang berdampak positif pada zat kimia di otak,” kata Elizabeth Somer, RD, penulis buku Eat Your Way to Happiness, seperti dikutip dari Health.com.

Senyawa pada cokelat memang dapat membangkitkan level endorfin dan serotonin, sehingga membuat perasaan Anda lebih baik. Jadi, saat perasaan sedang tak stabil, segera cara bubuk cokelat.

Mengurangi keinginan mengemil

Saat muncul keinginan untuk mengonsumsi kue manis atau keripik kentang, segera ambil bubuk cokelat. Tak perlu mengonsumsinya, cukup hirup saja aromanya. Faktanya, aroma juga mengaktifkan neurotransmitter pada otak, sama seperti ketika Anda mengonsumsi cokelat.

“Bubuk cokelat memiliki aroma yang sangat kuat sehingga dapat memuaskan keinginan Anda untuk ngemil,” kata Alan Hirsch, MD, pendiri Smell and Taste Treatment and Research Foundation.


Sehatkan jantung

Kandungan flavonoid pada bubuk cokelat sangat tinggi. Ini merupakan zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Termasuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Cukup taburkan bubuk cokelat satu sendok makan pada sarapan sereal atau oatmeal Anda.

Mempercantik kulit

“Kandungan antioksidannya membantu perbaikan sel-sel kulit dan menetralkan radikal bebas pemacu kulit kusam,” kata Ava Shamban, MD, dokter kulit.

Anda dapat membuat scrub wajah dari bubuk cokelat. Campurkan saja satu sendok makan bubuk cokelat, satu sendok makan madu, satu sendok teh oatmeal dan dua sendok makan yogurt tawar.

Aduk hingga seluruh bahan tercampur merata. Aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan sambil beri pijatan. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan satu kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

Selasa, 4 Oktober 2011, 16:25 WIB

• VIVAnews

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s