Empat Khasiat Telur untuk Kecantikan

Telur juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan

 

Finalia Kodrati, Stella Maris

Manfaat telur untuk kecantikan (inmagine)

 

Telur tak hanya bahan makanan yang dapat diolah menjadi makanan berenergi. Ternyata, telur juga dapat memberikan manfaat dalam dunia kecantikan. Salah satunya, membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit, dan dapat diolah dengan cara sederhana di rumah.

Sebut saja putih telur yang dianggap sebagai astringent, karena dapat mengeluarkan minyak alami berlebih dalam pori-pori kulit. Sedangkan kuning telur mampu melembabkan kulit, sekaligus menangkal cahaya matahari dan menjadikan kulit bersinar.

Seperti dilansir dari Boldsky, terdapat beberapa resep sederhana dari telur yang berguna untuk menjaga kecantikan serta memberikan kesehatan bagi kulit Anda.

Mengencangkan kulit

Telur dapat menjadi toner alami yang berguna untuk mengencangkan kulit. Tak hanya itu, toner ini juga mampu membuat kulit wajah Anda tampak lebih segar. Caranya cukup sederhana, pertama siapkan satu butir telur kemudian kocok hingga halus. Oleskan pada wajah dan leher secara merata. Diamkan selama beberapa menit hingga mengering. Kemudian bilas dengan air hangat. Namun jika Anda memiliki jerawat, sebaiknya gunakan putih telur saja.

Kulit berminyak

Putih telur memang berkhasiat untuk membebaskan kulit dari minyak berlebih. Cara kerjanya dengan mengangkat sebum atau minyak dari pori-pori. Anda cukup siapkan telur dan oatmeal. Campurkan telur dan oatmeal, kemudian aplikasikan pada wajah dan leher Anda. Biarkan mengering selama 15 menit. Bilas dengan air dingin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan kulit bebas minyak.

Untuk kulit berjerawat, campurlah putih telur dan parutan mentimun, tambahkan susu bubuk dan perasan lemon. Aduk hingga merata kemudian terapkan pada wajah dan leher Anda. Namun hindari daerah kulit halus, area sekitar mata. Biarkan selama 20 menit, dan bilas dengan air dingin.

Mencerahkan kulit

Telur dan yoghurt ternyata dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah Anda. Siapkan mangkuk, telur, dan yoghurt untuk kemudian dicampur dan diaduk (kocok) hingga merata.  Tambahkan beberapa tetes madu dan perasan lemon. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air dingin.

Mengatasi efek sengatan matahari

Sengatan panas matahari membuat kulit nampak tak bercahaya, apalagi jika Anda tak menggunakan tabir surya. Akan tetapi jangan khawatir, Anda dapat mengatasinya dengan mengocok telur hingga halus kemudian tambahkan beberapa tetes madu.

Oleskan pada daerah yang terkena sengatan matahari. Biarkan selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya bilas hingga bersih dengan menggunakan air dingin. Aplikasikan cara ini setiap hati untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jum’at, 25 Januari 2013, 03:57 WIB

  • VIVAlife

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s