Kemunting lebih dari sekedar obat pendarahan

Kemunting (Rhodamyrtus Tomentosa) tumbuh secara liar pada tempat-tempat yang cukup terkena sinar matahari, misalnya di antara semak-semak belukar, lapangan. Pohon kemunting ini memiliki khasiat obat yang biasa digunakan oleh orang-orang zaman dahulu sebagai obat yang mudah dicari. antara lain sebagai penghilang nyeri, menghilangkan pembengkakan, melancarkan aliran darah dan dapat menghentikan pendarahan.Bagian-bagian yang dapat digunakan sebagai obat adalah akar, daun, dan buah. Akar dapat direbus lalu diminum, daun dapat ditumbuk atau dikeringkan lalu digunakan pada bagian yang terluka atau berdarah. Terlepas dari khasiat tersebut, tanaman yang dianggap liat (alot) ini ternyata sangat berguna untuk melunakkan tulang ikan (terutama ikan gabus).
Daun kemunting yang telah ditumbuk halus dicampur ke dalam masakan, sama seperti kita mencampurkan bumbu lain. Agar rasanya tidak terlalu kelat (sepat atau sepet) harus dicampur dengan gula merah (karena daun kemunting ini memang memiliki rasa kelat yang sangat tinggi).Jadi, jika selama ini anda ragu untuk mengonsumsi makanan kaleng dengan tulang-tulang ikan yang lunak, namun berpengawet dan sangat berbahaya bagi kesehatan anda, maka ada baiknya mencoba melunakkan tulang ikan dengan daun kemunting karena alami dan bebas dari bahan pengawet.
Bagaimana menghilangkan rasa kelat (sepat atau sepet) pada daun kemunting, saat ini penulis belum memiliki refrensi, jika anda seorang peneliti mungkin tidak ada salahnya anda meneliti pengunaan daun kemunting sebagai bahan pengawet karena selama ini makanan kaleng mengunakan pelunak tulang dengan bahan kimia.
gambar pohon kemunting
Semoga bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih
Kemunting lebih dari sekedar obat pendarahan

Ditulis oleh: Miki Hermanto

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s