7 Manfaat Sehat Kuning Telur

Merry Wahyuningsih

Ilustrasi (dok: Thinkstock)

 

Jakarta, Kuning telur sering dijauhi karena dianggap tidak sehat, banyak mengandung kolesterol dan bikin gemuk. Meski tidak lebih sehat dibanding bagian putihnya, tapi kuning telur tetap punya manfaat sehat. Apa saja itu ?

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa kuning telur banyak mengandung kolesterol yang dapat membahayakan jantung. Namun, ada pula yang berpendapat, bahwa efek kolesterolnya tidak seberapa bila dikonsumsi dalam jumlah normal dan oleh orang yang sehat.

Apabila dibandingkan dengan putih telur, kuning telur memang tak lebih sehat. Bagian putih dari telur mengandung semua protein yang disebut albumin dan zat ini dapat membuat jantung sehat.

Akan tetapi, kuning telur juga memiliki manfaat kesehatan. Kuning telur adalah makanan untuk tumbuh bagi embrio ayam atau bebek. Dengan demikian, kuning telur kaya akan nutrisi penting. Itulah sebabnya, meskipun ada bahayanya, kuning telur masih dapat menyehatkan.

Berikut beberapa manfaat sehat dari kuning telur, apabila dikonsumsi secara normal dan tidak berlebihan, seperti dilansir Boldsky, Kamis (31/1/2013):

1. Meningkatkan testosteron

Kuning telur mengandung zinc yang terkonsentrasi. Zinc (seng) adalah trace mineral dan tidak mudah tersedia dalam sumber makanan. Jadi, makan kuning telur dapat membantu pria meningkatkan tingkat hormon laki-lakinya.

2. Mencegah penggumpalan darah

Selama ini Anda mungkin hanya mendengar bahwa kuning telur tinggi kolesterol dan karenanya tidak sehat untuk jantung. Namun, protein yang ada di bagian kuning telur dapat menunda pembentukan gumpalan darah.

3. Anti inflamasi (peradangan)

Kuning telur mengandung kolin yang merupakan zat anti inflamasi. Ini berarti orang yang memiliki rasa sakit atau penyakit inflamasi seperti osteoporosis atau arthritis, dapat mengonsumsi kuning telur untuk mengurangi rasa sakit.

4. Bagus untuk mata

Bagian kuning telur sangat baik untuk mata. Khususnya untuk anak-anak yang sedang tumbuh kembang, kuning telur membantu mata berfungsi dengan baik dan bahkan mempertajam penglihatan.

5. Sumber vitamin B12

Kuning telur merupakan sumber yang paling terkenal untuk vitamin B12. Vitamin ini sangat penting untuk berfungsinya sistem saraf.

6. Mencegah degenerasi otot

Salah satu manfaat kesehatan utama dari kuning telur adalah menghentikan degenerasi otot. Nutrisi yang hadir dalam kuning telur membantu otot untuk rileks dan berkontraksi.

7. Kaya zat besi

Kuning telur kaya akan zat besi sehingga sangat bagus untuk wanita hamil. Wanita pada umumnya memiliki kecenderungan untuk memiliki jumlah hemoglobin yang rendah. Jadi, mengonsumsi satu kuning telur mentah sehari bisa menjadi ide yang baik untuk wanita.

Ini adalah beberapa manfaat dari kuning telur. Namun, pasien jantung, orang dengan tekanan darah tinggi atau kadar trigliserida tinggi harus benar-benar menghindari kuning telur atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Kamis, 31/01/2013 06:54 WIB

(mer/vit)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s